Search

Shalat Idul Adha di Masjid Al Akbar Diikuti 45 Ribu Orang

Shalat Idul Adha di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya pada tahun 2021. (Foto: Pikiran Rakyat)

Mayorita umat Islam di Indonesia akan melaksanakan shalat Idul Adha 1443 Hijriyah pada Ahad besok, sesuai ketetapan yang dikeluarkan oleh pemerintah. di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, shalat Idul Adha diperkirakan akan diikuti oleh 45 ribu orang.

Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Helmy M Noor mengatakan, shalat Idul Adha di masjid kebanggaan warga Surabaya itu dimulai pada pukul 06.00 WIB. Shalat akan diimami oleh Imam Besar Nasional Al Akbar Surabaya, KH Abdul Hamid Abdullah.

“Sedangkan khatib adalah Prof. Dr. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad Dip, SEA, MPhil, Ph.D (Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya) dengan tema: Meraih Sukses Hidup Lewat Cermin Nabi Ibrahim,” kata Helmy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (09/07/2022).

Baca Juga:  Nana Fauzana Dalami Seni Lukis di Usia Lanjut

“Shalat Idul Adha akan diikuti oleh Plt Gubermur Jawa Timur H Emil Elestianto Dardak, jajaran Forkopimda dan masyarakat. Kapasitas masjid untuk Sholat Idul Adha, baik lantai 1 atau 2 adalah 45.000 jamaah,” imbuhnya.

Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, salah satu sapi yang dikurbankan Presiden Jokowi pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah disalurkan melalui Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Selain Jokowi, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak juga berkurban di masjid kebanggaan warga Surabaya itu.

Sapi kurban Jokowi di Masjid Al Akbar Surabaya berjenis Simental seberat 1,2 ton. Sapi tersebut tampak bongsor dan gagah dengan tinggi pundak 152 sentimeter, panjang badan 187 sentimeter dan lebar dada 256 sentimeter. Sapi tersebut dibeli Jokowi dari peternak bernama Dandy Narindra dari Desa/Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga:  Tips Sukses Bisnis Hewan Kurban

Adapun sapu kurban dari Khofifah juga berjenis Simental seberat lebih dari satu ton. Tinggi badan 160 sentimeter, panjang badan 195 sentimeter dan lingkar dada 231 sentimeter. Adapun sapi kurban dari Emil Dardak seberat 950 kilogram dengan tinggi gumba 147 sentimeter, panjang badan 180 sentimeter dan lingkar dada 217 sentimeter.

“Sapi kurban Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak diperoleh dari peternak Haji Budiono asal Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro,” kata Helmy.

Dia menjelaskan, pemotongan hewan kurban di Masjid Al Akbar akan dilaksanakan pada Senin, 11 Juli 2022, di lantai dasar masjid dimulai pukul 06.00 WIB. Daging kurban akan didistribusikan oleh panitia berdasarkan data yang diajukan oleh kelurahan sekitar masjid dan lembaga sosial. “Panitia tidak menerima pengambilan daging kurban di masjid,” ujar Helmy.

Baca Juga:  Derita Peternak Jelang Idul Adha Akibat PMK

NF

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA