Search

Derita Peternak Jelang Idul Adha Akibat PMK

Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) merebak luas di sejumlah kawasan dan menyerang hewan sapi. Padahal sebentar lagi adalah hari raya Idul Adha yang antara lain dengan menyembelih sapi sebagai salah sati hewan kurban.

Imbas penyakit tersebut banyak yang tidak berani memesan hewan kurban. dari , khususnya di Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Semua peternak sapi perah di daerah ini merasakan dampak dari wabah mematikan bagi hewan ternak ini. Salah satu peternak yakni Imam Syafii mengatakan, dari 14 sapi siap perah hanya 10 ekor yang kini bisa kembali menghasilkan susu. Sedangkan dua terpaksa dijual dan dua mati karena wabah PMK.

“Saya itu punya 14 ekor sapi semua terkena PMK. 10 sudah sembuh itu 25 hari setelah kena (PMK). Dua kemudian membaik, tapi masih tidak bisa bangun akhirnya kita jual. Yang dua sudah kondisi darurat tidak mungkin kita jual, ya sudah mati kita kubur,” kata Imam, Sabtu (25/06/2022).

Baca Juga:  Farel Prayoga Disarankan Presiden Terus Sekolah

Imam menuturkan, untuk dua sapi yang terpaksa dijual, harga normal di kisaran Rp28 juta. Tetapi karena dampak PMK sapi itu hanya laku Rp2,5 juta per ekor. Dari 2 ekor sapi yang dijual Imam hanya mendapat Rp5 juta. Imam dan keluarga yang sudah beternak sapi sejak tahun 1960-an mengaku periode saat ini merupakan masa terburuk peternak sapi. Setelah berjuang menghadapi pandemi Covid-19 mereka kini berjuang kembali menghadapi wabah PMK. Total kerugian dalam satu bulan ini mencapai Rp100 juta lebih. Terdiri dari harga jual sapi di bawah normal dan biaya perawatan sapi selama terjangkit PMK.

Imam mengungkapkan, bahwa dalam 2 hari berturut-turut sapi miliknya ada yang mati. Pertama pada Rabu, 22 Juni 2022 dan kedua pada Kamis, 23 Juni 2022. Padahal kata Imam sapi ini sudah diberi perawatan khusus. Mulai diberi vitamin herbal, obat penurun panas hingga disuntik antibiotik oleh koperasi. Tetapi tetap saja sapinya mati.

Baca Juga:  Jokowi Kurban 35 Ekor Sapi, Terberat 1,4 Ton

(Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA