Search

Jokowi Resmikan Masjid Erick dan Boy Thohir

Presiden Jokowi hadir dalam peresmian Majid At-Thohir, masjid yang dibangun pengusaha sukses Erick Thohir dan Boy Thohir di Jalan M Thohir, Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, pada Rabu (09/03/2022). Masjid tersebut didekasikan kepada mendiang Mochamad Teddy Thohir, ayah dari Erick dan Boy.

“Menjadi pusat dakwah yang modern, yang mencerdaskan, yang mencerahkan, dan tempat yang teduh untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi, mempererat persaudaraan antarsesama umat manusia, dan berkontribusi untuk membangun peradaban Indonesia yang lebih baik,” ujar Jokowi dikutip dari Tempo.co.

Masjid At-Thohir yang dirancang dengan gaya arsitektur klasik modern itu dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektare. Masjid bernuansa putih ini memiliki kapasitas 1.976 orang di area dalam masjid dan 1.395 di fasilitas pendukung plaza serbaguna.

Baca Juga:  Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar Minta Pemerintah Tingkatkan Vaksinasi di Pesantren

Jokowi mengatakan, keindahan arsitektur masjid tersebut mengingatkan arti penting keluarga dalam syiar Islam. Masjid dengan desain harmonis tersebut, lanjut Jokowi, juga mengingatkan pentingnya arti keluarga dalam membentuk karakter Islami.

“Pesan penting tersebut tergambar sangat jelas melalui, tadi yang disampaikan oleh Pak Boy, kubah besar bagian paling atas atau kepala bangunan yang dikelilingi oleh tiga kubah berukuran sedang dan kecil, dan didesain sangat harmonis, sangat hangat, dan sangat indah,” kata Jokowi.

Ketua Yayasan Mochamad Thohir, Garibaldi Thohir mengatakan bahwa pembangunan masjid merupakan wujud nyata bakti anak kepada orang tua. Garibaldi pun berharap keberadaan Masjid At-Thohir dapat bermanfaat dalam memakmurkan masyarakat luas seperti pesan mendiang Mochamad Thohir.

Baca Juga:  Kemenag Upayakan Jamaah Umroh RI Tidak Dikarantina Sebelum Masuk Arab Saudi

M Thohir adalah sosok yang menginspirasi Boy dan Erick untuk membangun Masjid At-Thohir di Jalan M. Thohir, Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat. Masjid tersebut juga dibangun karena M Thohir sebelum meninggal dunia. Karena itu, masjid ini menjadi bentuk pengabdian Boy dan Erick kepada ayahanda mereka. Masjid berasitektur Timur Tengah ini akan menjadi sarana dakwah dan ibadah bagi umat Islam.

Dikutip dari Republika.co.id, peletakan batu pertama Masjid At-Thohir telah dilakukan sejak 31 Maret 2018 oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang juga merupakan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI). Menurut Jusuf Kalla, Masjid yang diwakafkan kepada masyarakat ini dapat menjadi amal ibadah keluarga dan almarhum Teddy Thohir.

“Saya mengenal dekat dengan almarhum merupakan sosok yang ramah dan murah senyum, sudah kewajiban anak-anaknya untuk membangun masjid ini karena diamanahkan almarhum,” ujar Jusuf Kalla saat melakukan peletakan batu pertama Masjid At Thohir di kawasan Kompleks Podomoro dekat lapangan golf Emeralda.

Baca Juga:  Kepala Desa Pengusul Presiden Tiga Periode Harus Ditindak

Di atas Masjid At-Thohir, tampak 29 kubah yang dikelilingi oleh empat menara yang menjulang tinggi. Kubah-kubah itu menjadi menjadi simbol pentingnya sebuah keluarga dalam Islam. Kubah paling besar di atas masjid ini disimbolkan sebagai sosok ayah sebagai pemimpin keluarga, yaitu Almarhum Teddy Thohir.

Sedangkan tiga kubah berukuran sedang di sekitarnya menunjukkan satu putri dan dua putranya, yaitu Vitaya, Garibaldi Thohir alias Boys Thohir, dan Erick Thohir. Sementara, beberapa kubah yang berukuran kecil dilambangkan sebagai cucu Almarhum Teddy Thohir. NF

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA