Search

155 Peserta Ikuti Festival Ramadlan 1445 H / 2024 M Yang Digelar LP Maarif NU, LTMNU, dan JQH NU Situbondo

Majalahaula.id – Festival Ramadlan 1445 H / 2024 M merupakan kegiatan bersama antara Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama (LP Maarif NU), Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU), dan Jami’yyatul Qurra wal-Huffadz Nahdlatul Ulama (JQH NU) Situbondo yang bertujuan untuk memeriahkan bulan suci Ramadlan dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita. Festival Ramadlan ini diadakan selama 2 hari yakni tanggal 25-26 Maret 2024, diikuti 155 peserta dari utusan SD, SMP, dan SMA sederajat untuk 4 jenis lomba yakni Lomba Bilal Jum’at, Tartil, Tilawah/MTQ, dan Hafalan Juz Amma, serta dibuka secara resmi oleh Wakil Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo KH M. Masrur Suhamo, S.Ag. di Masjid Nurul Anshor pada Senin siang (25/3/2024).

Baca Juga:  Raperda Pesantren Kembali Dibahas, PCNU Situbondo Bentuk Tim Percepatan
Peserta Festival Ramadlan !445 H / 2024 M

“Gelaran Festival Ramadlan 1445 H / 2024 M sebagai wujud nyata semangat kebersamaan dan kebahagiaan yang perlu diperkuat dalam momen-momen suci pada bulan Ramadlan ini. Acara ini juga dibuat sebagai panggung untuk menyatukan seluruh anak negeri, khususnya di Kabupaten Situbondo dalam semangat persaudaraan, menciptakan ikatan yang kuat di tengah dinamika sosial yang terus berkembang,” ungkap Kyai Suhamo dalam sambutannya.

Lomba Bilal Jum’at

“Semoga kegiatan ini bukan sekedar ceremonial belaka, tetapi dijadikan sebagai kebiasaan sehari-hari yang menjadi ladang pahala, bukan cuma bagi peserta tetapi juga untuk semua pengurus dan panitia,” imbuhnya.

Lomba Hafalan Juz Amma

“Ketika anak-anak kita mendapatkan pendidikan religi, kreativitas, ikuti kompetensi, peraturan dan tata cara yang diajarkan, tentu akan mudah bagi mereka untuk memasuki ke jenjang sekolah dasar dan seterusnya. Dan juga bisa membantu untuk membentuk mental anak-anak akan kuat. Dengan mental yang kuat, mereka pasti siap untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi,” tutur H. Lukman Hakim, S.Pd.I, anggota Tim Juri Festival Ramadlan.

Baca Juga:  Ketua Muslimat NU Bone Bolango Gelar Safari Ramadhan
Lomba Tartil

“Ucapan terima kasih kepada seluruh panitia atas kreatifitas yang dilaksanakan dengan mengadakan lomba-lomba Islami untuk adik-adik kita. Karena itu, sebagai orang tua dan masyarakat, kita harus bersama-sama membekali anak-anak kita dengan pendidikan agama yang kokoh. Salah satunya dengan menyelenggarakan Festival Ramadlan ini,” tutur Hj. Siti Aminah, S.E. salah satu pendamping peserta lomba.

Lomba Tilawah / MTQ
Sekretaris BAPENU Heri Junaidi, S.Sos. bersama dengan Ketua LTMNU Situbondo Drs.H. Abd. Rahem Adenan, M.Pd.I. (baju putih)

“Kami apresiasi penuh kepada panitia karena kegiatan ini sangat positif dalam bulan suci Ramadlan, semoga kegiatan ini bukan hanya berhenti di tingkat kabupaten saja tetapi juga bisa sampai ke tingkat nasional,” harapan Sekretaris Badan Perencanaan Nahdlatul Ulama (BAPENU) Situbondo Heri Junaidi, S.Sos.(hj)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA