Search

Evaluasi Kinerja dan Respons Problem Bangsa, PBNU Segera Gelar Munas dan Konbes

Majalahaula.id – Bila tidak ada perubahan, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) pada bulan September 2023. Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Hamid, Jalan Cilangkap Baru No.1, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur.

Keputusan tersebut berdasarkan Rapat Harian Syuriyah dan Tanfidziyah PBNU, Selasa (08/08/2023) di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat. “Tanggalnya masih akan dikonsultasikan lebih lanjut,” terang Wakil Ketua Umum PBNU H Amin Said Husni saat ditemui NU Online usai rapat.

Lora Amin, begitu ia biasa disapa, menjelaskan bahwa sesuai dengan anggaran rumah tangga (ART), Munas dan Konbes merupakan forum permusyawaratan tertinggi setelah muktamar, yang diikuti oleh pengurus besar pleno dan pengurus wilayah NU. “Munas untuk pengurus besar pleno dan syuriyah, sedangkan Konbes untuk pengurus besar pleno dan tanfidziyah,” jelasnya.

Baca Juga:  KH Yahya Cholil Staquf Jelaskan Kriteria Ulama

Munas akan membahas berbagai isu kontemporer dari sudut pandang keagamaan. Sedangkan Konbes akan membahas tiga hal. “Yang pertama membahas mengenai kinerja jamiyah sebagai evaluasi dari pelaksanaan keputusan-keputusan muktamar. Kemudian yang kedua membahas mengenai peraturan perkumpulan. Dan yang ketiga membahas mengenai pokok-pokok pikiran dan rekomendasi NU dalam kaitannya dengan berbagai masalah-masalah terkini,” ucap dia.

Lora Amin mengungkap, Rapat Harian Syuriyah dan Tanfidziyah PBNU telah membentuk dan menetapkan kepanitiaan Munas dan Konbes. Steering committee diketuai oleh KH Abdul Ghafur Maimun, wakil ketua H Amin Said Husni, dan sekretaris KH Miftah Faqih.

Sedangkan untuk organizing committee diketuai H Aizuddin Abdurrahman atau Gus Aiz dan sekretaris H Isfah Abidal Aziz. “Susunan dan kelengkapan panitiannya akan segera diterbitkan SK-nya dalam 1-2 hari ini,” kata dia.
Pria kelahiran 19 Agustus 1966 itu juga menyebut, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf sudah memberikan arahan kepada panitia terkait dengan tema besar dari Munas dan Konbes kali ini. “Temanya adalah ‘Mendampingi Umat, Memenangkan Masa Depan’. Tema ini nanti akan diturunkan ke dalam materi-materi, akan menjadi pokok bahasan, baik di Munas-nya maupun di Kombes-nya,” tandasnya. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA