Search

202 Ribu Pelaku Haji Ilegal Dideportasi, 17 Ribu Ditangkap

Majalahaula.id – Otoritas keamanan Arab Saudi menangkap 17.615 orang karena melakukan ibadah haji secara ilegal alias tanpa izin. Seperti dilansir dari Gulf News, Direktur Keamanan Publik dan Ketua Komite Keamanan Haji, Letnan Jenderal Mohammad Al-Bassami, mengatakan bahwa 17 ribu orang tersebut ditahan karena mencoba menunaikan ibadah haji tanpa izin.

Menurut Al-Bassami, sepanjang pelaksanaan Haji 2023 banyak pihak dan kendaraan yang ditolak untuk masuk ke Makkah sebagai tindakan pengamanan. Secara keseluruhan, 202.965 orang ditolak karena tidak memiliki izin haji dan 128.999 kendaraan ditolak karena tidak sah untuk memasuki Makkah dan tempat-tempat suci lainnya. “Ada 202.695 orang yang tidak memiliki izin haji dikirim kembali dari titik masuk Makkah dan 128.999 kendaraan yang tidak memiliki izin untuk memasuki Makkah dan tempat suci juga dipulangkan,” ujar Al-Bassami, dikutip dari Arab News, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga:  Warga Dua Desa di Jambi Bentrok, 2 Orang Terluka

Al Bassami mengatakan, 33 orang telah ditangkap karena membawa jamaah yang tidak memiliki izin haji per 30 Juni. 33 orang tersebut telah dirujuk ke komite administrasi musiman di bawah Direktorat Jenderal Paspor di pintu masuk Makkah untuk memperoleh tindakan tegas.

Selain menangkap jamaah haji ilegal, aparat keamanan juga melakukan penindakan terhadap kampanye penipuan haji. Dilaporkan, sebanyak 105 kampanye haji palsu berhasil digagalkan di berbagai wilayah Arab Saudi dan telah diserahkan kepada Kejaksaan Umum untuk tindakan hukum lebih lanjut.

Selain itu, otoritas keamanan Arab Saudi juga menahan 9.509 orang karena melanggar aturan ketenagakerjaan, tempat tinggal, dan keamanan perbatasan.
Diketahui, Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan aturan pelaksanaan ibadah haji. Setiap negara memiliki masing-masing kuota untuk mengirimkan warga negaranya yang akan menunaikan haji setelah menandatangani kesepakatan dengan Pemerintah Arab Saudi.

Baca Juga:  Jamaah Haji Sakit Pasca Mendarat, Dapat Pelayanan di Pos Kesehatan Indonesia di Bandara Jeddah

Menurut data yang dirilis Otoritas Umum Statistik Arab Saudi, sebanyak 1,85 juta umat Islam dari seluruh dunia menunaikan ibadah haji di Tanah Suci pada tahun ini. Dari jumlah tersebut, 1,66 juta jamaah berasal dari luar Arab Saudi.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA