Search

Potret Dubai Miracle Garden, Taman Bunga Terbesar di Dunia

Majalahaula.id – Dubai Miracle Garden merupakan taman bunga terbesar di dunia yang berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab. Uniknya taman ini dibangun di tengah-tengah gurun pasir lho.

Dilansir dari laman resmi Dubai Miracle Garden, taman ini diluncurkan pada Hari Valentine 2013. Memiliki luas lebih dari 72.000 meter persegi (780.000 kaki persegi), menjadikannya taman bunga alami terbesar di dunia.

Di sini Anda terdapat lebih dari 50 juta bunga dan 250 juta tanaman cantik lainnya yang memperindah suasana.

Saking cantiknya, pada April 2015, taman ini dianugerahi Penghargaan Moselle untuk Pengalaman Taman Baru tahun ini oleh Penghargaan Wisata Taman 2015.

Berbagai macam bunga bewarna warni dan tanaman-tanaman hias lainnya berada di sini. Dubai Miracle Garden juga menjadi rumahnya kupu-kupu, yang mana semakin mempercantik suasananya.

Baca Juga:  Sederet Keunikan Gunung Jayawijaya Papua

Namun taman terbesar di dunia ini ditutup selama bulan-bulan musim panas yang terkenal di Dubai. Suhu rata-rata 40 dari Juni hingga September, sebab dinilai kurang pas untuk melihat bunga-bunga di sini.

Tak hanya itu saja, ada juga patung setinggi 18 meter berupa karakter Disney seperti Mickey Mouse berjejer rapi dibuat dari berbagai rangkaian bunga nan cantik.

Patung-patung yang terbuat dari tanaman ini dirangkai dari sekitar 100.000 tanaman dan bunga. Berat patun-patung tanaman itu adalah hampir mencapai 35 ton.

Dubai sendiri dikenal dengang kemutahiran tekknologinya, begitu juga taman ini. Disertai dengan teknologi canggih serta ramah lingkungan. Dubai Miracle Garden memiliki irigasi di dekat permukaan tanah. Air yang digunakan nantinya didaur ulang agar bisa digunakan kembali sehingga bisa menghemat energi dan air sampai 75 persen.

Baca Juga:  6 Bandara di Indonesia Punya Layanan Kereta

Taman ini memiliki konsep yang cukup unik, yakni dibentuk berdasarkan kesepakatan antara Dubailand dan tujuan Dubai Properties Group.

Pengembangan proyek selesai dengan perjanjian bersama Akar Landscaping and Agriculture Company, yang dipimpin oleh pengusaha Yordania Abdel Naser Rahhal. Biaya proyeknya diperkirakan menghabiskan AED 40 juta atau USD11 dollar.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA