Search

Sambut Sya’ban, Pesantren Al-Uswah Semarang Gelar Arwah Jama’

Kegiatan arwah Jama' podok pesantren Al-Uswah Semarang. Foto ist
Kegiatan arwah Jama' podok pesantren Al-Uswah Semarang. Foto ist

SEMARANG. MajalahAula.id –  Beberapa tradisi menyambut bulan Sya’ban atau dikenal dengan bulan Ruwah banyak dilaksanakan di penjuru tanah air. Salah satu pondok pesantren di semarang, Pondok Pesantren Al-Uswah juga rutin mengagendakan tradisi arwah jama’ pada bulan Sya’ban setiap tahunnya.

Tahun ini kegiatan tersebut dilangsungkan bersamaan dengan Pengajian Ahad Pahing, adapun rangkaian kegiatan dimulai dengan khataman al-Qur’an sebanyak 10 kali dimulai sejak Jum’at, (10/3/2023).

Puncak arwah jama’ diisi mauidhoh hasanah oleh pengasuh pondok pesantren KH. M. Thoyyib Farchany. Masyarakat membahasakan ruwah kepanjangan dari “meruhi arwah” artinya melihat arwah. Hal ini dimaksudkan untuk berziarah kubur ke makam orang tua dan para leluhur.

Baca Juga:  Cerita Gus Afif Jombang Buka Asrama Tahfidz Sebab Amanah Mertua

“Mati itu pasti. Yang penting adalah persiapan. Mati itu wajib. Maka kita wajib bahas soal mati,” terang Abah Thoyyib sapaan akrab putra pertama KH. M. Mukhlishin (alm).

Abah Thoyyib menyitir ayat 34 surat al-A’raf. “Setiap umat mempunyai ajal (batas waktu). Jika ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan sesaat pun dan tidak dapat (pula) meminta percepatan.” Ayat ini untuk mengingat kematian. Tak ada seorangpun yang mampu menolak kedatangan ajal. Dengan nada bercanda Abah Thoyyib mempersilahkan jama’ah terlebih dahulu untuk menjemput ajal. Biar Abah paling terakhir. Sontak jama’ah pengajian yang terdiri dari penduduk sekitar pesantren dan walisantri tertawa.

Setiap manusia tak bisa membanggakan dirinya sendiri. Ada banyak kelebihan yang dimiliki sekarang ini merupakan jerih payah para leluhur. Hal ini diingatkan Abah Thoyyib untuk mengenang jasa para leluhur. Maka sudah sewajarnya sebagai anak mendoakan orang tua, kakeh, buyut hingga para leluhur.

Baca Juga:  KH As’ad Ali, Ungkapkan Santri Darul Ulum Jombang Bisa Jadi Intelijen

Hadits riwayat Imam Muslim menjelaskan bahwa apabila ada seseorang telah meninggal maka akan terputus amalnya kecuali tiga hal, salah satu diantaranya anak saleh yang mendoakan orang tua. Maka sudah benar para walisantri memondokkan anak. Anak dibiayai semoga menjadi anak saleh dengan harapan kelak mampu dan mau untuk mendoakan para leluhurnya.

Pada arwah jama’ kali ini tak seperti biasanya, H. Yusrul Falah selaku lurah pondok pesantren Al-Uswah menggelar bazar kewirausahaan dari anak-anak SMA Al-Uswah. Pak Falah sekaligus kepala sekolah SMA mendukung penuh pengembangan santri. Makanan yang dijual diantaranya nastar classic, strawberry thumbprint dan stick bawang.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA