Search

PPMH Gading Malang Bakal Gelar Temu Alumni Tebuireng

Majalahaula.id – Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH) Gading Kota Malang bakal menggelar temu alumni yang dipusatkan di Pondok Pesantren Putri Tebuireng, Jombang, pada 17 September 2023 mendatang. Pondok Gading merupakan salah satu pondok tertua yang didirikan oleh KH Hasan Munadi pada 1768 silam.

Ketua Ikatan Alumni PPMH Gading Kota Malang, H Imron mengungkapkan bahwa penetapan lokasi dipilih karena sesuai kesepakatan saat temu alumni di Blitar. Dijelaskan, dalam pertemuan tersebut opsi pertama soal lokasi acara yakni di Jember, namun karena beberapa hal dipindah ke opsi kedua yakni di Jombang.

“Usai mendapati mandat dari masyayikh, kami langsung menghubungi Yusron berlanjut berkomunikasi dengan Gus Fahmi untuk meminta izin tempat di Pondok Pesantren Putri Tebuireng Jombang. Alhamdulillah, Gus Fahmi juga setuju,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (12/09/2023).

Baca Juga:  Inilah Pesantren di Pulau Jawa yang Didirikan Santri Hadratussyaikh

Perihal acara, H Imron menyebutkan akan diisi mauidhah hasanah oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar. Selanjutnya, penyampaian tausiyah dan pembinaan dari salah satu masyayikh Pondok Gading, KH Baidlowi Muslich.

Ia menyebutkan, alumni yang akan datang dari berbagai generasi. Para alumni tersebut tersebar di sejumlah wilayah di Jawa Timur dan luar Jawa Timur. “Jumlah (saat acara tahunan) di Blitar sekitar 400 orang. Perkiraan (yang hadir) 400 lebih, karena teman-teman tertarik sekalian berziarah ke makam,” jelasnya.

H Imron menambahkan, dalam temu alumni tersebut selain untuk menyambung silaturahim antar alumni, sekaligus pula untuk menggerakkan ekonomi pondok pesantren. “Memang adanya alumni itu untuk menggalang dana untuk kemakmuran pondok,” terangnya.

Baca Juga:  Ketika Anak Pesantren Melek Literasi Digital

Pria asal Bumiayu Kecamatan Kedungkandang ini mengimbau kepada seluruh alumni untuk berbondong-bondong mengikuti temu alumni. Selain menguatkan tali silaturahmi, juga berziarah ke makam Hadratussyeikh KH M Hasyim Asy’ari, Gus Dur dan tokoh-tokoh lainnya.

“Kepada seluruh alumni agar bisa hurmat hadir, berbondong-bondong untuk ke sana karena dilaksanakan di Tebuireng sekalian berziarah,” tandasnya.

Tentang Pesantren

Salah satu pondok pesantren yang menerima anugerah pesantren tua dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) beberapa waktu lalu ialah Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH) atau dikenal Pondok Gading Kota Malang. Pondok Gading yang didirikan oleh KH Hasan Munadi pada tahun 1768 ini turut berperan dalam merebut kemerdekaan RI.

Pondok Gading ini berada di Jalan Gading Pesantren Nomor 38 Kelurahan Gading Kasri Kecamatan Klojen Kota Malang. Saat memasuki lokasi Pondok Gading, tidak tampak seperti ada pesantren mengingat di kanan kiri sudah penuh dengan pemukiman warga sekitar.

Baca Juga:  Seruan Pesantren Doakan Mahfud MD soal Bongkar TPPU

KH Hasan Munadi selaku pengasuh pertama wafat pada usia 125 tahun. Ia mengasuh pondok pesantren ini selama hampir 90 tahun. Makamnya tak jauh dari lokasi pesantren, hanya berjarak sekitar 800 meter di Jalan Galunggung, Kota Malang.

Kiai Hasan Munadi mempunyai empat orang putra, yaitu KH Ismail, KH Muhyini, KH Ma’sum, serta Nyai Mujannah. Kala itu, Pondok Gading masih belum mengalami perkembangan yang signifikan. Selepas KH Hasan Munadi, estafet kepemimpinan Pondok Gading dilanjutkan oleh KH Ismail pada tahun 1858.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA