Search

Evakuasi Korban Helikopter Rombongan Kapolda Jambi

Majalahaula.id – Helikopter yang membawa rombongan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono mendarat darurat di kawasan hutan di Kabupaten Kerinci, Jambi, Minggu (19/2/2023). Helikopter Polri jenis Super Bell 3001 membawa Kapolda Jambi beserta rombongan dalam rangka kunjungan kerja sekaligus meresmikan gedung baru SPKT Polres Kerinci.

Proses evakuasi

Proses evakuasi melibatkan 100 orang personel gabungan dan 3 helikopter. Evakuasi melalui jalur udara sempat dihentikan karena cuaca buruk, berkabut dan hari sudah malam. Sementara, evakuasi melibatkan ratusan personel melalui jalur darat tetap dilanjutkan. Perjalanan jalur darat menembus hutan dan daerah perbukitan membutuhkan waktu 4-5 jam.

Kondisi korban

Dalam proses evakuasi melalui jalur darat tersebut, Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan penumpang helikopter akhirnya berhasil ditemukan tim SAR pada Senin (20/2/2023). Delapan penumpang berhasil selamat setelah semalaman berada di tengah hutan.

Baca Juga:  AS Kirimkan Roket Canggih HIMARS ke Ukraina

Namun, sejumlah penumpang mengalami luka, termasuk Kapolda Jambi yang mengalami patah tangan. Mereka sudah mendapatkan penanganan medis pertama. “Kondisi saat ini masih stabil. Pendarahan tidak terlalu, nyeri dan ada cidera yang belum bisa kita pastikan. Sudah tidak ada lagi di dalam heli. Nanti kita update lagi,” ujar Karo Ops Polda Jambi, Kombes Feri Handoko Soenarso.

Sementara itu, empat dokter spesialis sedang menuju ke lokasi untuk melakukan penanganan medis. “Kita akan menurunkan tim medis, ada dokter bedah. Kita evaluasi dahulu kondisi mereka. Jika memungkinkan dilakukan penanganan di TKP,” ujar Feri.

Evakuasi dengan helikopter

Feri mengatakan, rombongan Polda Jambi tidak memungkinkan dievakuasi dengan menggunakan jalur darat. Sebab, bentang alam di sana merupakan hutan lebat dan perbukitan. “Kondisi mereka sudah stabil dan akan kita evakuasi dengan menggunakan helikopter. Kalau via darat akan sulit,” ujarnya. Terdapat dua helikopter di lapangan posko. Jika cuaca tidak lagi berkabut tebal, helikopter akan dikerahkan ke lokasi. Setelah berhasil dievakuasi, rombongan Kapolda Jambi akan langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jambi.

Baca Juga:  Jelang Putusan Usia Cawapres, Sejumlah Elemen Mahasiswa Geruduk MK

Humas Basarnas Jambi Lutfi menuturkan, evakuasi rombongan Kapolda Jambi tidak memungkinkan dilakukan lewat jalur darat. Sehingga tim evakuasi darat bertugas membersihkan jalur helikopter agar memudahkan proses evakuasi dengan helikopter. “Helikopter yang mengevakuasi tetap tidak bisa turun langsung ke lokasi, tapi korban akan ditarik menggunakan alat khusus,” kata Lutfi.

Adapun helikopter membawa 5 penumpang dan 3 awak. Data awak pesawat yakni Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap, Copilot AKP Amos Freddy P Sitompul, Mekanik an AIPDA Susilo. Sementara data penumpang yakni Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira, Dir Polair Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan, Koorspripim Kompol Ayani dan ADC Briptu Muhardi Aditya.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA