Search

Pesan Wapres Kiai Ma’ruf kepada CJH Kloter 1 Embarkasi Surabaya

Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Embarkasi Surabaya di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sedati, Kabupaten Sidoarjo, pada Sabtu pagi kemarin. Kepada jamaah, Kiai Ma’ruf berpesan agar melaksanakan seluruh ritual ibadah haji dengan baik.

Kiai Ma’ruf mengatakan, CJH yang berangkat tahun ini perlu bersyukur karena terpilih sebagai tamu Allah setelah dua tahun penyelenggaraan haji ditunda karena COVID-19. Karena itu ia berpesan agar jamaah betul-betul menjaga kesehatan agar tetap prima saat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di Tanah Suci. “Karena di sana cuacanya sangat panas,” ujarnya.

Selain soal kesehatan, syukur perlu dipanjatkan oleh para jamaah karena mereka bisa lebih dulu berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Sebab, karena membludaknya pendaftar CJH, daftar tunggu pemberangkatan CJH saat ini sangat lama. Salah satu wujud bersyukur ialah dengan melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan sungguh-sungguh. “Jalankan ibadah haji dengan baik,” pesan Kiai Ma’ruf.

Baca Juga:  Sudah Waktunya NU Mandiri! Fakta Ini Diungkap Gus Ali

Dia tak lupa mendoakan seluruh CJH RI agar pulang ke Indonesia dengan menyandang predikat mabrur. Ia juga mendoakan seluruh petugas haji dilindungi dan diberi kesehatan oleh Allah SWT. “Saya harap jamaah haji kita bisa kembali ke Tanah Air dengan selamat, sehat, mendapatkan haji yang mabrur,” doa Wapres.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bahwa CJH Kloter 1 Embarkasi Surabaya berasal dari Kabupaten Tuban dan Bojonegoro, Jawa Timur. Plus petugas haji, rombongan Kloter 1 ini membawa total 449 orang. Rinciannya, 197 orang jemaah laki-laki dan 246 orang jamaah perempuan. “Jamaah termuda berusia 20 tahun atas nama Ainur Salwa Jestawana, dan tertua usia 65 tahun,” tandasnya.

Baca Juga:  September 2022, Bus TransJatim Diluncurkan Pemprov

Selama menunaikan ibadah haji, mereka didampingi empat orang, yakni satu orang ketua kloter, satu orang pembimbing, satu dokter, dan satu perawat. “Jadi, total secara keseluruhan kloter pertama terdiri 449 orang,” kata dia.

Rombongan dijadwalkan tiba di Bandara Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah, pada Minggu, 5 Juni 2022, sekira pukul 08.31 WIB. Khofifah berpesan agar jamaah haji memanfaatkan aplikasi TeleJemaah Pukses Haji. Aplikasi ini, kata dia, sangat membantu dalam mengontrol, mempersiapkan dan kesehatan selama beribadah di Tanah Suci.

“Semoga selama menunaikan ibadah haji, panjenengan semua selalu dalam keadaan sehat, kuat, tidak kurang satu apapun hingga kembali ke tanah air dan menjadi haji mabrur,” tegasnya.

Baca Juga:  Muhammad Abdullah Syukri: Perubahan Sulit Diprediksi

Salah seorang CJH, Supriadi Siswopranoto, mengaku senang bisa berangkat haji ke Tanah Suci tahun ini. Ia terharu karena sudah lama mengimpikan itu. “Alhamdulillah, dalam dua tahun ini menunggu akhirnya perasaan lega setelah ada panggilan dari Kemenag,” ujarnya.

NF

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA