Search

Peran Guru dalam Pembelajaran Ala Ahlussunah Wal Jama’ah

Majalahaula.id – Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PW LP Maarif NU Jatim) menggelar acara Training of Trainer (ToT) dengan tema pelatihan ‘Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Aswaja dan Ke-NU-an’ yang digelar di Hotel Bwalk Malang mulai Jumat sampai Minggu (9-11/12/2022).

Ketua PW LP Maarif NU Jawa Timur, KH Noor Shodiq Askandar menyampaikan TOT ini bertujuan untuk menguatkan peran Guru dalam mengembangkan pembelajaran ala Ahlussunnah Wal Jama’ah. Acara ini juga dilatarbelakangi oleh semangat Pengurus Wilayah untuk meng-NU-kan lembaga pendidikan Maarif se-Jawa Timur.

Training of Trainer oleh Maarif NU Jawa Timur ini, diselenggarakan dalam tiga kluster. Kluster pertama dilaksanakan di hari pertama untuk Guru Pendidikan Dasar, kluster kedua dilaksanakan di hari kedua untuk Guru Pendidikan Menengah Pertama, dan kluster ketiga dilaksanakan di hari ketiga untuk Guru Pendidikan Menengah Atas.

Baca Juga:  Kemenag & Delegasi Al-Azhar Mesir Bahas Perpanjangan Mu’adalah

Lebih lanjut, pada pembukaan TOT tersebut juga disampaikan bahwa, Tim Aswaja LP Maarif NU Jawa Timur sudah berhasil menerbitkan Buku Saku Aswaja dan Ke-NU-an, sebagai buku pegangan bagi Guru dan Siswa Maarif dalam mempelajari Aswaja dan NU secara utuh.

Training of Trainer diikuti secara antusias oleh peserta. Hal ini terbukti dari target 90 peserta ternyata dihadiri oleh 96 peserta.

Dalam sambutannya, Gus Shodiq juga menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan pelatihan yang pertama, selanjutnya akan ada tindak lanjut untuk pelatihan berikutnya sehingga peserta pelatihan mendapatkan ilmu yang maksimal dari TOT dan menjadi pelopor penguatan NU di lembaga pendidikan masing-masing.

Pembukaan TOT dibuka secara resmi di akhir mauidhoh hasanah oleh K.H. Marzuki Mustamar selaku Ketua PWNU Jawa Timur.

Baca Juga:  SMK PGRI 2 Ponorogo Kunjungan Industri ke AMG

Kyai Marzuki menegaskan, acara TOT ini merupakan acara penting yang sebaiknya dilaksanakan berkelanjutan supaya benar-benar menghasilkan kader NU yang militan menuju Maarif Jawa Timur yang benar-benar Nahdlatul Ulama baik secara dhohir maupun bathin.

“NU berbeda dengan aliran-aliran lainnya. Marilah kita pahami Nahdlatul Ulama secara utuh. TOT yang digelar LP Maarif NU Jatim ini akan melatih kita bagaimana mengabdi secara utuh di Nahdlatul Ulama. Semoga kita semua mendapat keberkahan KH. Hasyim Asy’ari,” jelas KH Marzuki.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA