Search

Doa Memperbaiki Diri Sendiri Sesuai Ajaran Nabi SAW

Sebagai manusia, kita tentu bisa berusaha keras untuk memperbaiki diri sendiri. Pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi jalan untuk memperbaiki diri sendiri. Selain itu, melibatkan Allah dalam setiap usaha kebaikan adalah hal yang dianjurkan dalam Islam.

Memohon doa dan pertolongan-Nya agar senantiasa Dia menjaga kita tetap dalam jalan kebenaran. Membaca doa memperbaiki diri sendiri ialah salah satu caranya.

Dalam artikel kali ini akan memaparkan bacaan doa memperbaiki diri sendiri. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Berdasarkan Hadis

Dalam kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Ghazali, sebagaimana hadis riwayat Imam Muslim, doa memperbaiki diri sendiri ini dibaca Rasulullah SAW dalam pembukaan ibadah sholatnya.

Baca Juga:  Menyelamatkan Diri dari Sifat Takabur

وكان من دعائه صلى الله عليه و سلم في افتتاح الصلاة اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

Artinya:

“ Salah satu doa Rasulullah saw di awal pembukaan shalat adalah berbunyi, ‘Allahummahdini li ahsanil akhlaq. La yahdi li ahsaniha illa anta. Washrif ‘anni sayyi-aha. La yashrifu ‘anni sayyi-aha illa anta,’ (HR Muslim).”

Bacaan doa memperbaiki diri sendiri yang akan Dream paparkan di bawah ini berisi permohonan agar Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk berakhlak mulia, termasuk dalam kondisi ditimpa musibah. Doa ini menjadi alternatif usaha secara batin dalam rangka memperbaiki diri sendiri untuk keluar dari akhlak tercela ke akhlak terpuji.

Baca Juga:  Perbanyaklah Dzikir Sebelum Catatan Amal Dilaporkan

Doa Memperbaiki Diri Sendiri

Sahabat Dream dapat berusaha memperbaiki diri sendiri dengan memanjatkan doa yang diajarkan Rasulullah SAW. Doa ini berisi permohonan hamba kepada Allah agar Dia selalu membimbing hamba-Nya untuk selalu memiliki akhlak terpuji.

Berikut bunyi doa memperbaiki diri sendiri, dikutip dari laman NU Online:

 اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

Allahummahdini li ahsanil akhlaq. La yahdi li ahsaniha illa anta. Washrif ‘anni sayyi-aha. La yashrifu ‘anni sayyi-aha illa anta.

Artinya:

“ Ya Allah, bimbimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau.”

Baca Juga:  Makan dan Minum Berlebihan Menyebabkan Hilangnya Kecerdasan

Demikian itulah bacaan doa memperbaiki diri sendiri dan penjelasan hadisnya. Semoga doa ini bisa menjadi jalan bagi Sahabat Dream untuk selalu bisa mengendalikan emosi dan tindakan dalam kondisi apapun.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA