Search

Pengalaman Upacara di Pesantren Ngruki

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ini menceritakan pengalamannya saat memimpin upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Pondok Pesantren Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Rabu (17/8/2022) lalu.

Muhadjir mengatakan, pihak pesantrenlah yang mengundang dirinya untuk menjadi inspektur upacara. “Ya, biasa lah alhamdulillah ini kan upacara HUT RI pertama kali di Ngruki. Kemudian saya diundang untuk pimpin jadi inspektur upacara,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (19/08/2022).

Saat mendapat undangan itu, Muhadjir terlebih dulu meminta izin kepada Presiden Joko Widodo. Sebab, di hari yang sama dirinya selaku anggota Kabinet Indonesia Maju diwajibkan mengikuti upacara di Istana Merdeka. Presiden Jokowi lantas memberikan izin agar Muhadjir bisa memimpin upacara di Ngruki.

Baca Juga:  Firli Bahuri Pengusutan Kasus Sesuai Prosedur

“Presiden sudah izinkan. Ya saya mimpin dan alhamdulillah semua lancar. Terima kasih dukungan dari Pangdam, Kapolda yang mengirimkan staf untuk ikut bantu. Latihannya hanya 4 hari baris berbaris. Dan saya lihat santrinya bagus untuk ukuran itu (langsung bisa baris berbaris untuk upacara),” tuturnya.

Muhadjir kemudian mengungkapkan, kondisi Pesantren Al Mukmin saat ini sudah banyak berubah. Utamanya sikap pimpinan ponpes tersebut, Abu Bakar Ba’asyir, yang sudah secara terbuka mengungkapkan dukungan kepada ideologi Pancasila.

“Saya kira perubahan sangat drastis itu. Bahkan saya juga kaget bahwa ternyata beliau atas keinginan sendiri ikut upacara,” kata Muhadjir. “Tidak kita suruh lho, beliau betul-betul ingin. Walau beliau tak bisa berdiri lama karena harus duduk tapi beliau ingin hadir sendiri dan waktu kita nyanyi lagu indonesia raya beliau juga sama-sama, ini suatu hal bagus,” jelasnya.

Baca Juga:  Mujiburrahman Ajak Mahasiswa Pulang Nyoblos

Mantan Mendikbud itu pun berharap perubahan tersebut membuat Ponpes Al Mukmin semakin terbuka. “Dan stigma negatif akan segera hilang dan nanti tanggal 21 nanti hari Minggu saya akan ke sana lagi untuk beri pengarahan ke alumni karena ada temu akbar alumni Ngruki,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Abu Bakar Ba’asyir mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 Indonesia di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki pada 17 Agustus lalu. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA