Search

PWNU Jatim Award 2022 : Tak Hanya Pilih LTM PCNU Terbaik, LTM PWNU Juga akan Gelar Masjid NU Award

Sedikitnya 25 Lembaga Takmir Masjid (LTM) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC) se-Jawa Timur menghadiri rapat koordinasi bersama LTM Pengurus Wilayah NU (PWNU) di kantor PWNU Jawa Timur, Jalan Masjid Al Akbar Timur no 9 Surabaya hari Minggu (7/8/2022). Pertemuan ini untuk sosialisasi PWNU Jatim Award 2022 sekaligus membahas rencana digelarnya Masjid NU Award LTM PWNU.

Pertemuan yang digelar di ruang rapat PWNU Jatim Award ini mendapat sambutan antusias pengurus cabang yang hadir. Diskusi bahkan berlangsung cukup intens dengan berbagai usulan, masukan hingga pertanyaan dari peserta rapat.

Ketua LTM PWNU Hizbul Wathon menyatakan untuk tahun ini ada 2 penilaian untuk lembaganya. “Yang pertama yakni penilaian Lembaga LTM di tingkat cabang dan kedua adalah mencari Masjid unggulan,” ungkap Hizbul Wathon. Kiai Hizbul Wathon mengungkapkan ajang penilaian Masjid NU terbaik se-Jawa Timur ini adalah kado istimewa yang lembaganya siapkan untuk Harlah 100 tahun organisasi Islam terbesar ini.

Baca Juga:  Khofifah Indar Parawansa Yakin Pemilu Berlangsung Damai

Sehingga untuk LTM di ajang PWNU Jatim Award nanti akan ada 2 kategori. Yakni organisasi LTM yang akan dinilai dari kriteria Lembaga dan juga Masjid terbaik yang akan ada ketegori khusus yakni Masjid NU terbaik. “Nanti LTM PC bisa mengusulkan sejumlah Masjid yang menurut mereka terbaik,” tambahnya.

Setelah masjid-masjid yang dianggap terbaik diajukan oleh LTM PC, mereka akan melalui tahap seleksi administrasi yang dilakukan secara daring. “Mereka akan mengisi kelengkapan administrasi yang disiapkan panitia secara daring,” ujarnya. Setelah diperingkat kelengkapan administrasinya, maka akan dipilih 5 terbaik sesuai niali tertinggi yang diperoleh dari kelengkapan organisasi tersebut.

Dari 5 itu, akan dilakukan pengecekan langsung ke lapangan atau visitasi. “Tim kami akan melakukan pengecekan data langsung ke lapangan. Kita periksa betulkah apa yang dituliskan di form sebelumnya. Misal apa benar sertifikat masjidnya ada dan sebagainya,” jelas Kiai Hizbul Wathon. Dari 5 maka ajan disaring menjadi 2 untuk ditampilkan di hadapan juri di Surabaya sehingga terakhir bisa ditentukan siapa pemenang Masjid Award maupun PC LTM terbaik dalam PWNU Jatim Award 2022.

Baca Juga:  Bella Bonita Enggan Layani Insan Media

Rapat koordinasi LTM ini juga dihadiri ketua Dewan Pembina LTM PWNU Jatim, Wahid Wahyudi. Kepada peserta, Wahid mengingatkan fungsi Masjid selain tempat ibadah, Masjid juga tempat yang strategis untuk membangun peradaban Islam. “Dalam pertemuan ini selain sosialisasi kita juga membahas kriteria apa saja yang menjadikan sebuah Masjid NU menjadi yang terbaik di ajang Masjid Award ini,” kata Wahid.

Menurut Wahid, sebagai tempat membangun peradapan Islam, sebuah Masjid harus harus bisa mengikuti perkembangan teknologi. “Karena itu,salah satu kriteris pemilihan masjid terbaik, kami memasukkan fasilitas teknologi informasi yang dimiliki masjid,” ujarnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA