Search

Sejahterakan Umat, Remas Se-Jatim Dilatih Keuangan Syariah

Remaja Masjid (Remas) se-Jawa Timur diberikan pelatihan managemen bisnis dan keuangan syariah oleh Dewan Masjid bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Ahad (24/7/2022). Diselenggarakan di Hotel Utami Sidoarjo, sebanyak 200 orang perwakilan Remas ikut serta dalam pelatihan tersebut.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir di acara ini berharap agar remaja masjid bisa menjadi motor dalam menggerakkan masjid sebagai sentra pertumbuhan kemakmuran masjid yang memberikan kesejahteraan bagi jamaah dan masyarakat.

“Jadi, ini reciprocal approach kami ingin agar mereka di sini bisa menjadi motor dalam memakmurkan masjid, kita ingin masjid menjadi sentra-sentra pertumbuhan untuk memakmurkan jamaahnya,” kata Khofifah.

Melalui pelatihan ini, ia berharap remaja masjid bisa menguasai ilmu yang berkaitan dengan manajemen pengelolaan bisnis yang dapat mereka kembangkan di masing-masing masjid yang dikelola.

Baca Juga:  Pentingnya Keamanan Data Dukung Keberhasilan UMKM

“Mereka butuh skill khusus yang bisa memberikan manfaat lebih besar, tapi basisnya melalui masjid, itulah yang banyak diundang pada pertemuan kali ini adalah para remaja masjidnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Khofifah menjelaskan bahwa pelatihan dan pembekalan bagi mereka dilakukan dengan menggandeng beberapa lembaga yang memiliki kapasitas di bidang tersebut. Diantaranya Bank Syariah Indonesia, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, termasuk bisa dengan kampus UMKM Shopee milik Pemprov Jatim yang ada di Kota Malang.

“Itu bisa menjadi salah satu referensi untuk bisa memberikan vokasional training dan manajerial skill bagi remaja masjid yang akan menjadikan masjid sebagai sentra untuk memakmurkan jamaahnya,” jelasnya.

Tak hanya itu, Khofifah juga memberikan apresiasi kepada BPJS ketenagakerjaan yang memberikan santunan kepada ahli waris Guru Madrasah Diniyah. Juga dilakukan penandatanganan MoU antara BPJS Ketenagakerjaan dengan DMI Jatim.

Baca Juga:  Ida Fauziyah Raih Gelar Doktor di Hari Kelahirannya

Dalam kesempatan ini, Khofifah juga menyerahkan penghargaan pada sejumlah DMI di Jatim yang telah menang dalam DMI Award tahun 2022. Didampingi Ketua PW DMI Jawa Timur M Roziqi, Khofifah menyerahkan penghargaan diantaranya kepada DMI Provinsi Jawa Timur sebagai Juara umum ke 3. Selain itu juga kepada sejumlah masjid di beberapa kabupaten/kota. NF

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA