Search

Tanda-Tanda Anda Butuh ke Psikologi

Bagi tiap orang, apa lagi kita yang hidup di lingkungan yang tidak seberapa peduli tentang kesehatan mental. Padahal kita tidak boleh menyepelekan kesehatan mental kita. Atau mungkin juga anda belum tahu kapan waktu yang tepat anda harus pergi ke psikolog? Oleh karena itu, simak artikel berikut ini untuk mengetahui kapan waktu yang tepat itu.

Tidak bisa mengendalikan emosi

Emosi atau perasaan yang tidak terkendali dan sering berubah-ubah bisa menjadi sinyal ada kesehatan mental yang harus diatasi.

Terlebih, jika emosi yang labil itu dibarengi porsi makan atau jam tidur yang jadi lebih sedikit dari biasanya. Tandanya masalah yang Anda alami sudah sangat mengganggu.

Baca Juga:  Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Kedinding Lor Gelar Rutinan Majelis Dzikir dan Haul Akbar

Mulai tidka fokus

Apabila pikiran yang mengganggu sampai membuat sulit konsentrasi dan terganggu menjalani aktivitas, ini merupakan tanda bahwa Anda memerlukan bantuan.

Saat konsultasi, psikolog akan membantu menemukan penyebab masalah yang Anda alami. Psikolog pun dapat membantu menemukan langkah penyelesaian masalah dengan cara yang sehat dan tepat.

Mencari pelampiasan yang tidak sehat

Saat sedang merasa tidak baik-baik saja, beberapa orang akan mencari cara instan untuk menenangkan gundah gulananya tersebut.

Misalnya, mulai minum alkohol, terjun ke dunia seks bebas, merokok, atau bahkan mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Hal ini dapat menjadi candu dan membuat masalah yang Anda alami semakin memburuk. Jika stres atau cemas yang Anda rasakan mulai mengarah ke pelampiasan buruk tersebut, segera hubungi psikolog untuk konsultasi!

Baca Juga:  Polisi Gagalkan Ekspor 8 Kontainer Migor ke Timor Leste di Surabaya

Sulit tidur/insomnia

Jika tekanan pekerjaan atau pikiran mulai menghantui keseharian Anda, bahkan membuat sulit tidur, sudah waktunya konsultasi dengan psikolog. Jangan biarkan masalah ini berlarut larut dan menyebabkan gangguan tidur.

Keinginan menyakiti diri sendiri/self harm

Tekanan psikis bisa membuat pikiran tidak jernih, salah satunya menyebabkan pikiran untuk menyakiti diri.

Jika hal ini sampai terjadi, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan psikolog, agar pemeriksaan menyeluruh dapat dilakukan.

 

Itu adalah beberapa hal yang mungkin saja terjadi pada diri seseorang dan membutuhkan bantuan psikeater. Jangan sekali-kali meremehkan kesehatan mental.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA