Search

Hari Ini KSAD Jenderal Dudung Buka Liga Santri di Jombang

Geladi bersih pembukaan Liga Santri Piala KSAD 2022 di Stadion Merdeka Jombang, Jawa Timur. (Foto: Dispenad via Inews.com)

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dijadwalkan akan membuka langsung Liga Santri Piala KSAD 2022, yang akan digelar di Stadion Merdeka, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (20/06/2022) ini.

“Liga Santri akan dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada Senin, 20 Juni 2022,” ujar Tatang dalam keterangannya dikutip dari Inews.com, Ahad (19/06/2022).

Setelah dibuka, kata Tatang, Liga Santri akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Menurut dia, tim yang ambil bagian dalam kejuaraan ini berjumlah 1.511 tim. Pertandingan pertama akan mempertemukan kesebelasan Pondok Pesantren Tebu Ireng melawan kesebelasan Pondok Pesantren Darul Ulum Tambak Beras Jombang. “Finalnya akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada 22 Oktober 2022 bersamaan dengan Hari Santri Nasional,” tuturnya.

Baca Juga:  Lagi, Tentara Israel Tembak Mati Jurnalis Perempuan di Tepi Barat

Kadispenad menyampaikan, secara umum persiapan Liga Santri Piala KSAD sudah sesuai rencana. Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto memimpin langsung proses geladi bersih yang berlangsung pada hari ini.

“Berbagai persiapan telah dilakukan dengan maksimal baik dari pihak Panitia TNI AD yang dipimpin oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto maupun PSSI dalam menyukseskan turnamen berskala nasional ini,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Tatang, pada Pembukaan Liga Santri akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, seni hadrah, kolone senapan kolaborasi TNI-Polri, drum band Canka Lokananta Taruna Akmil, fly pass pesawat dari Puspenerbad hingga terjun payung. “Jadi intinya, turnamen Liga Santri Piala KSAD 2022 sudah siap untuk digelar, semua pihak telah mendukung dengan sangat baik dan antusias menyambut turnamen ini,” katanya.

Baca Juga:  Kawal Kasus David hingga Pengadilan

Sebelumnya, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima kedatangan Ketum PSSI Mochamad Iriawan di Mabesad, Jakarta, Rabu, (15/06/2022). Adapun kedatangan pria yang akrab disapa Iwan Bule itu membicarakan sepak bola “Liga Santri” Piala KSAD 2022.

Jenderal Dudung menyampaikan kepada pengurus PSSI bahwa pembukaan Liga Santri akan dilaksanakan secara meriah di Kabupaten Jombang Jawa Timur. “Pembukaan akan menampilkan berbagai atraksi menarik meliputi manuver pesawat dari Puspenerbal, Kolone Senapan dan Drumb Band Akmil, serta terjun Free Fall dengan membawa bendera TNI AD dan bendera PSSI,” tulis Dispenad dalam keterangannya, Rabu malam lalu.

Dispenad menjelaskan bahwa Jenderal Dudung berharap melalui kompetisi Liga Santri ini akan melahirkan pemain-pemain berkualitas. Tak hanya itu, diharapkan pula dari gelaran ini para pemain dapat menghiasi sepak bola nasional. “Serta menjadi wadah silaturahmi para santri seluruh Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga:  Resep Sambal Mentah Siram Minyak Panas yang Pedas Gurih

NF

Terkini

13 Mei 2024Tak Perlu Khawatir, Jemaah Haji Bisa Masuk Raudhah dengan TasrehMadinah () — Masuk ke Raudhah dan berziarah ke makam Rasulullah Saw menjadi harapan setiap jamaah haji saat di Madinah. Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Ibadah pada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Madinah Efrilen Hafizh mengatakan bahwa jamaah haji Indonesia dapat memasuki Raudhah di Masjid Nabawi dengan menggunakan Tasreh. “Jemaah haji Indonesia tidak usah resah karena masuk ke Raudhah itu difasilitasi oleh pemerintah melalui penerbitan surat Tasreh. Jemaah tidak harus mengisi dan mendaftar melalui aplikasi Nusuk secara pribadi,” terang Efrilen Hafizh di Kantor Daker Madinah, Selasa (13/5/2024). Hafizh mengatakan, fasilitas untuk masuk ke Raudhah akan diberikan secara kolektif kepada jamaah. “Di setiap kloter itu akan diterbitkan dua tasreh. Pertama, tasreh khusus untuk perempuan. Kedua, tasreh khusus untuk laki-laki,” jelasnya. Ditambahkan Hafizh, pelaksanaan kunjungan ke Raudhah akan dilakukan paling cepat 3 hari setelah jamaah berada di Kota Madinah. “Setelah diterbitkan, tasreh akan diteruskan ke Kepala Sektor Khusus Nabawi. Jadwal masuk Raudhah akan diinformasikan kepada petugas kloter melalui petugas sektor. Sehingga jamaah tinggal datang pada jadwal yang sudah ditentukan,” papar Hafizh. “Jemaah wajib sudah berkumpul di pintu Raudhah paling lambat 30 menit sebelum jadwal masuk. Petugas Seksus Nabawi akan memandu jamaah dan menyerahkan tasreh kepada petugas yang menjaga Raudhah,” sambungnya. Kepala Daker Madinah telah bernegosiasi dengan pihak keamanan sektor Masjid Nabawi untuk memberikan dispensasi kepada petugas Sektor Khusus Nabawi agar dapat melakukan pendampingan terhadap jamaah haji yang masuk ke Raudhah. “Penerbitan tasreh ini dilakukan oleh Kantor Daker Madinah dan diberikan validasi berupa stempel untuk menghindari duplikasi dan menunjukkan bahwa tasrehnya asli,“ tandas Hafizh. Hafizh mengungkapkan bahwa layanan pemberian tasreh ini merupakan salah satu bentuk kehadiran negara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada Jemaah Haji. Jemaah haji Indonesia mulai tiba di Madinah sejak 12 Mei 2024. Proses kedatangan ini akan terus berlanjut hingga 23 Mei 2024. Editor: Moh. Khaeron | Fotografer: Nurhaeni Amir, MCH 2024

Kiai Bertutur

E-Harian AULA