Search

Ramah Wisatawan, Yuk Kunjungi Kawasan Islam di Pulau Dewata

Pulau Bali sudah sangat terkenal dengan masyarakat yang mayoritas beragama Hindu. Untuk agama Islam sendiri, di Bali bisa terhitung hanya 13,37 persen saja. Namun bukan berarti golongan tersebut menjadi tidak akur dan memiliki kegiatan sendiri-sendiri. Di Pulau Bali, dua hal tersebut menjadi keunikan tersendiri bagi pengunjung wisatawan.

Bagi wisatawan yang beragama Islam, bisa mengunjungi beberapa tempat di Pulau Bali yang kental dengan keislamannya. Penasaran tempat mana saja yang memiliki sejarah Islam di Bali? Untuk menjawab rasa penasaran para pembaca, simak ulasan berikut ini.

Selain pariwisata yang lekat dengan agama Hindu, di pulau dewata terdapat juga tempat-tempat yang lekat dengan agama islam. Masyarakat muslim memiliki banyak pilihan wisata baik religi maupun kebudayaan. Diantaranya berwisata Ke Puja Mandala, Jika Anda mengunjungi Puja Mandala, pengunjung akan mendapati tempat dan suasana yang sangat indah.

Baca Juga:  Peningkatan Aktivitas Bromo Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan

Di sana bisa dilihat potret kerukunan dan kedamaian. Bisa juga diketahui beberapa tempat ibadah umat Muslim, Hindu, Budha, Katolik, hingga kristen berjejer rapi dan berdampingan di sini. Bagi umat Islam, bisa menemukan Al-Qur’an terbesar di Bali yang terdapat di komplek pusat pendidikan dan perpustakaan. Lokasi Puja Mandala ini terletak di Jalan Kuru Setra, Desa Bualu, Nusa Dua, Bali.

Mengunjungi tempat ini bisa membuat hati menjadi tenang dan tentram. Pengunjung juga bisa melakukan ibadah sesuai dengan agama tanpa merasa khawatir akibat adanya agama penganut lain.

Kemudian, bisa menikmati keindahan Desa Candi Kuning Bedugul. Masyarakat Bali umumnya memiliki tempat ibadah yang dijadikan tempat suci yaitu berupa pura. Berbeda dengan tempat yang berada di daerah Bedugul ini, terdapat sebuah candi kuning. Sebuah candi yang merupakan tempat keseharian muslim kuno di Desa Candi Kuning.

Baca Juga:  Little Ranch Sidomukti Wisata Ala Selandia Baru

Ketika masyarakat muslim mengunjungi tempat ini, mereka bisa menikmati keindahan panorama yang cantik, suasananya yang asri, serta masyarakat yang ramah. Sehingga merasa betah tinggal di sini.

Menemukan makanan di Bali yang lezat serta halal, Pulau Bali memang menjadi pusat wisata bagi wisatawan lokal, nasional, hingga internasional. Sehingga tidak heran jika warga Islam bisa merasa ragu apakah makanan yang hendak dimakan halal ataukah tidak.
Rekomendasi tempat makan yang bisa dikunjungi yakni Ayam Kedewatan Ibu Mangku yang berlokasi di Ubud, Warung Nasi Ayam Bu Oki yang berlokasi di Uluwatu, Jimbaran, Bali, atau jika menyukai seafood maka bisa mengunjungi menu makanan di Warung Mak Beng yang berlokasi di Sanur. Dijamin halal.

Baca Juga:  8 Destinasi Tempat Bersejarah di Madinah

Sangat cocok jika umat islam ingin menikmati dan mengetahui sejarah peradaban Islam di Bali. Pengunjung Kampung Gelgel juga bisa melihat pertunjukan Tari Rudat yang menggambarkan sebuah cerita kedekatan Raja dengan prajuritnya. Cerita ini sangat lekat sekali dengan sejarah keberadaan umat Islam saat pertama kali tersebar di Pulau Bali.

Dya

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA