Search

Muncul Khilafatul Muslimin, Ansor Cimahi Bersuara Lantang

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Cimahi, Jawa Barat Salman Faris ikut bersuara atas kemunculan kelompok Khilafatul Muslimin. Hal tersebut dikhawatirkan mengganggu kestabilan dan kondusifitas negara. Apalagi kata dia, munculnya Khilafatul Muslimin ke permukaan berdekatan dengan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni.

“Kemarin kan sudah ada stetmen dari BNPT, mereka menampakkan diri saat mau hari kesaktian Pancasila, seolah-olah memang sudah disetting ke arah sana,” katra Salman, Kamis (02/06/2022).

Ditambah lagi kekhawatiran soal doktrin pada generasi muda. Apalagi saat ini Indonesia dihadapkan pada bonus demografi sehingga perlu disegerakan langkah preventif.
“Kekhawatiran munculnya kelompok ini juga terhadap generasi muda. Kita kan menghadapi bonus demografi, sedangkan kelompok ini isinya juga kebanyakan generasi muda. Jadi pendekatannya mesti berbeda,” tutur dia.

Baca Juga:  Muktamar ke-34 NU, Tim Kesehatan Sigap Jaga Kondisi Peserta

Sebelumnya diberitakan, gelombang penolakan terhadap aktivitas gerakan Khilafatul Muslimin bermunculan di Kota Cimahi. Kemunculan kelompok tersebut mengemuka belakangan ini.

Aksi penolakan itu di antaranya terlihat di wilayah Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, yang ditandai dengan munculnya spanduk penolakan dari berbagai elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan.

Salman Faris mengatakan sudah mempersiapkan agenda pemasangan spanduk penolakan terhadap kelompok Khilafatul Muslimin.

“Memang dari ketua umum Ansor di pusat belum ada arahan apa-apa. Tapi kami dari PC GP Ansor Cimahi sepakat akan pasang spanduk di 9 titik Kota Cimahi menolak khilafatul Muslimin. Langkah ini sudah disetujui PW GP Ansor Jabar,” ucap Salman.

Salman menegaskan, spanduk penolakan tersebut lebih mengarah pada eksistensi kelompok Khilafatul Muslimin. Bukan pada paham khilafah yang dibawa kelompok tersebut.

Baca Juga:  LP Maarif NU Jatim: Adakan Madrasah Literasi Demi Perkuat Kelembagaan

“Kalau pahamnya yang dimunculkan di spanduk, takut memantik eks-eks FPI dan HTI. Nanti malah jadi ramai lagi. Karena kalau dibiarkan nanti negara akan kerepotan,” pungkasnya.

(Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA