Search

CJH Kloter Pertama dari Tuban Terbang 4 Juni

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat pengukuhan PPIH Embarkasi Surabaya di AHS.

Calon Jamaah Haji (CJH) Kloter Pertama Embarkasi Surabaya akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada Sabtu (04/06/2022) pekan depan. Hal itu terungkap saat acara pengukuhan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya dan Meal Test Tahun 1443 H/ 2022 di Asrama Haji Surabaya (AHS) di Sukolilo, Rabu malam.

Sebanyak 22 PPIH dikukuhkan mulai dari Ketua, Sekretaris, Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan, Kepala Bidang Dokumen, Kepala Bidang Pembinaan Haji hingga Kepala Bidang Keamanan dan Penerbangan. Sementara, Gubernur Jawa Timur ditunjuk oleh Kemenag RI sebagai Pengarah yang diketuai oleh Kepala Kanwil Kemenag Jatim.

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa seluruh Tim PPIH yang dikukuhkan ini berasal dari banyak lintas elemen. Mereka akan memberikan dukungan soliditas dalam bekerja dalam melayani tamu tamu Allah yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah-Madinah dengan baik.

Baca Juga:  PWNU Jatim Gelar Ziarah Makam Muassis NU Hari Ini

“PPIH yang dikukuhkan ini berasal dari berbagai sektor dan instansi. Dari Imigrasi, Kanwil Kumham, Kapoltabes Surabaya, Otoritas Bandara, Cukai, Pemprov Jatim hingga tim Kemenag terus mempersiapkan diri. Artinya, tim ini bekerja secara terpadu sehingga bisa memberikan layanam terbaik bagi para Calon Jamaah Haji dari Embarkasi Surabaya,” sebutnya.

Ia berharap seluruh proses manasiknya dapat berjalan dengan baik. Termasuk pembekalan terhadap para Jamaah Haji mengenai pengetahuan soal kondisi cuaca yang diprediksi cukup panas dan berbeda dengan di Tanah Air.

Selain itu, Gubernur Khofifah menginstruksikan perincian hal-hal yang menjadi kelengkapan dan harus dipenuhi oleh para Jamaah Haji. Termasuk proses manasik yang bisa dilakukan secara digital agar persiapan waktu yang pendek dapat dilakukan persiapan maksimal.

Baca Juga:  Doa Ditimpa Musibah, Ini Pesan Direktur Aswaja NU Center Jatim

“Para jamaah haji harus bersiap untuk menjaga stamina dengan membawa kebutuhan khusus seperti vitamin dan obat – obatan tertentu yang dibutuhkan jamaah,” urainya.

Khofifah menyatakan semua elemen Tim PPIH memiliki tugas mulia yang tak terhitung nilai pahalanya, yakni melayani dengan ikhlas para tamu Allah SWT. “Semoga Allah bukakan pintu keberkahan, soliditas yang baik dalam bekerja serta kesuksesan,” ucapnya.

Jatim, melalui Embarkasi Surabaya, akan senantiasa memberikan pelayanan dan tugas sebaik baiknya. “Insya Allah Jatim akan siap menjadi bagian yang akan menyambut dan membantu layanan terbaik bagi para tamu Allah,” tegasnya.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim Husnul Maram mengatakan, bahwa kloter Haji pertama akan mulai masuk pada tanggal 3 Juni 2022 di Asrama Haji Surabaya. Sedangkan penerbangan dijadwalkan pada keesokan harinya pada tanggal 4 Juni 2022.

Baca Juga:  City Check-in Jemaah Haji Indonesia Dimulai

“Awal operasional haji akan dimulai pada hari Jumat, tanggal 3 Juni 2022. Di mana pada hari itu terdapat 1 kloter yang akan masuk asrama haji yaitu kloter pertama jamaah dari Kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa Embarkasi Surabaya, tahun ini akan melayani jamaah haji sejumlah 16.967 orang yang tergabung dalam 38 kloter. Dari jumlah itu, terbagi untuk Jamaah Haji dari Jawa Timur sejumlah 16.087 orang, Provinsi Bali sejumlah 318 orang, Provinsi Nusa Tenggara Timur sejumlah 291 orang, Provinsi Palembang sejumlah 119 orang, serta petugas Kloter sejumlah 152 orang.

NF

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA