Search

PWNU Jatim Gelar Ziarah Makam Muassis NU Hari Ini

Surabaya, AULA – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur hari ini Kamis 25 Februari 2021 melaksanakan ziarah virtual muassis NU. Sebagaimana yang disiarkan di akun Youtube Aula NU, acara ziarah yang dihadiri jajaran pengurus NU Jatim itu berlangsung secara bergilir.

Untuk yang pertama, ziarah dilakukan di makam muassis NU di Tebuireng, Jombang, yaitu KH Hasyim Asyari, KH Whid Hayim, dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Acara ziarah tersebut dibuka dengan pembacaan 98 muassis NU, lalu dilanjutkan dengan tahlil, dan pembacaan doa.

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH Abdul Hakim Mahfuz atau Gus Kikin menyambut baik acara ziarah ke makam muassis NU tersebut. Ia menyampaikan berkhidmat ke NU salah satu caranya hormat dengan muassis, kirim doa, agar mendapatkan barakah dan syafaatnya.

Baca Juga:  Daftar Tanah Wakaf Sudah Elektronik Tak lagi Konvensional

Dalam kesempatan tersebut, Gus Kikin juga menyampaikan selama pandemi covid-19 makam muassis NU di Tebuireng belum dibuka.

“Kami saat ini belum membuka makam ini untuk ziarah bagi masyarakat. Karena kondisinya belum memungkinkan dan saat ini kami batasi. Alhamdulillah ini berjalan dengan tertib, agar tidak menimbulkan penyebaran covid-19,” ungkap Pengurus NU tersebut.

Setelah dilakukan doa bersama, para kiai dan pengurus NU melakukan tabur bunga ke masing-masing makam muassis NU. Acara ziarah dilanjutkan ke beberapa makam muassis NU Jombang di antaranya, ke makam KH Bisri Syansuri Denanyar, makam KH Abdul Wahab Chasbullah Tambakberas Jombang.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA