Search

Nikmati Kesegaran Angin di Pantai Kelapa di Tuban

Tuban di Jawa Timur yang dikenal sebagai kota santri banyak memiliki kawasan wisata religi. Namun rupanya tak itu saja. Tuban juga memiliki wisata pantai yang asri dan eksotis, yakni Pantai Kelapa.

Destinasi wisata ini telah cukup lama dikenal oleh masyarakat sekitar Tuban. Banyak orang yang singgah menikmati panorama alam atau piknik dengan keluarga tercinta. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengabadikan foto dengan pemandangan indah ala anak pantai karena banyak spot foto yang Instagramable loh.

Lalu, seperti apa ya wisata Pantai Kelapa ? Yuk simak, berikut ini ulasan mengenai Pantai Kelapa Tuban 2019 yang dirangkum detikcom :

1. Penamaan Wisata Pantai Kelapa

Pantai Kelapa atau dikenal juga dengan sebutan Pantai Panyuran ini rupanya penamaannya berdasarkan fakta daerah di wisata ini yang banyak dikelilingi oleh pohon kelapa. Untuk memudahkan para wisatawan dalam mengingat tempat wisata ini, maka penamannya pun disebut Pantai Kelapa.

Baca Juga:  Labuan Bajo Siap Sambut KTT ASEAN ke-42

2. Lokasi & Rute ke Pantai Kelapa

Pantai yang berada di utara Jalan Daendels ini bisa kamu temukan di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Untuk menuju ke Pantai Kelapa Tuban, bisa mengambil rute dari pusat kota Tuban yang berjarak 5 km.

Sedangkan, dari arah Semarang atau Rembang, bisa ikuti Jalan Pantura hingga melewati perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga kamu sampai ke jalur paling utara provinsi Jawa Timur.

3. Harga Tiket Masuk Pantai Kelapa Tuban

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang. Dan, jika kamu membawa kendaraan roda dua, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000.

Sedangkan, untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000 per mobil dan Rp 10.000 per bis. Murah meriah kan detikers.

Baca Juga:  Nikmati “Healing” usai Penat Kerja, di Ketep Pass Magelang

4. Fasilitas

Destinasi wisata ini menawarkan juga berbagai fasilitas yang bisa kamu coba nih, seperti flying fox, berkuda, panggung hiburan, tempat bermain anak,dan kolam renang.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mencicipi ragam kuliner yang telah disediakan di Pantai Kelapa ini, mulai dari makanan berat hingga minuman menyegarkan, seperti es degan.

5. Pantai yang Memiliki Hutan Bakau dan Pepohonan Cemara

Tak hanya wisata pantai nih, banyak orang yang datang untuk berkunjung pula ke area hutan bakau nih. Jika kamu bosan dengan keramaian di sekitaran pantai, kamu bisa singgah ke lingkungan asri hutan bangkau.

Faktanya, tak hanya hutan bakau saja yang menjadi daya tarik dari Pantai Kelapa ini, di sekitar pantai pun terdapat pepohonan cemara yang rindang. Kamu bisa menikmatinya rindangnya pohon cemara saat siang hari nih. Oleh karena itu, sebagian wisatawan menyebutnya dengan Pantai Cemara Tuban. Tentunya, menyenangkan bisa menikmati pengalaman yang berbeda untuk menikmati keindahan Pantai Kelapa.

Baca Juga:  Di Hari Fotografi Sedunia, Gubernur Khofifah: Jadikan Lensa Kamera sebagai Jendela Dunia Melihat Keindahan Jawa Timur

6. Tempat Berkemah

Kegiatan berkemah rupanya tidak hanya dilakukan di gunung saja loh. Hal ini dibuktikan objek wisata ini juga dikenal sebagai bumi perkemahan. Faktanya, setiap musim liburan, ada beberapa lembaga pendidikan dari wilayah sekitar Tuban, Lamongan dan Bojonegoro mengadakan kegiatan perkemahan di Pantai Kelapa Panyuran Tuban.

7. Ikon Wisata Baru Tuban

Adanya suntikan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kini Pantai Kelapa diubah menjadi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi nih. Dengan dana tersebut telah berhasil mengubah wajah pantai yang dulunya kumuh, kini menjadi tertata rapi, bersih dan layak untuk dikunjungi sebagai tempat wisata.

Nah, sekarang tinggal sikap dari diri sendiri yang menjaga kebersihan dan tertib saat berkunjung ke tempat wisata ya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA