Search

Nikmati “Healing” usai Penat Kerja, di Ketep Pass Magelang

AULA Traveller lagi cari wisata buat healing, datang ke Ketep Pass Magelang saja. Ketep Pass adalah nama sebuah objek wisata di Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi Ketep Pass berada di puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 meter dpl dan luas areanya kurang lebih 8000 meter persegi.

Akses ke Ketep sangatlah mudah. Wisata ini dapat dituju menggunakan kendaraan pribadi, ojek, taksi (tarif cukup mahal karena lumayan jauh dari kota), bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, jarak Ketep dari Kota Yogyakarta kurang lebih 1 jam lebih 30 menit perjalanan, dan jika ditempuh dari Alun — alun Magelang sekitar 45 menit perjalanan. Jalan yang halus dan semua akses sudah beraspal serta sepanjang perjalanan disuguhi panorama pemandangan yang indah membuat perjalanan ke Ketep ini semakin nikmat.

Baca Juga:  Ansor Magelang Bagikan Sayuran Gratis ke Pesantren dan Panti Asuhan

Untuk menarik minat wisatan lokal maupun iternasional, dibangunlah beberapa fasilitas pendukung untuk liburan disini, antaranya yaitu :

Museum Volkanologi

Museum yang luasnya sekitar 550m ini berisi miniature Gunung Merapi, computer interaktif yang berisi tentang dokumen kegunungapian, beberapa contoh batu — batuan bukti letusan dari tahun ketahun, poster puncak garuda, dan masihb banyak lagi. Untuk memasuki Kawasan ini cukup dengan membayar Rp.7.500/orang.
Bioskop Mini
Bioskop ini menampilkan film berupa sejarah dari Gunung Merapi yang meliputi terbentuknya Gunung Merapi, jalur pendakian, penelitian di Puncak Garuda, Letusan — letusan dahsyat Gunung Merapi, dan berbagai peristiwa yang terjadi dalam rentetan waktu tertentu yang berhubungan dengan Gunung Merapi.

Baca Juga:  Pembaruan Kerja Sama Sektor Parekraf Korea Selatan

Teropong

Teropong ini berada di Puncak Arga dan Gardu Pandang. Teropong ini berfungsi untukmelihat dengan jelas keindahan panorama Gunung Merapi, Merbabu, dan gunung — gunung lainnya, teropong ini juga berfungsi untuk memantau keadaan gunung — gunung tersebut. Untuk melihat panorama indah melalui teropong ini, pengunjung cukup mebayar Rp.3.000/orang.

Pelataran Pancaarga

Tempat ini merupakan puncak tertinggi dari Obyek Wisata Ketep Pass. Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat 5 gunung sekaligus, yaitu Merapi, Sindoro, Merbabu, Sumbing dan Slamet.

Restaurant Ketep Pass

Perut anda sudah berbunyi? Tenang di Ketep Pass ini juga ada restauramt dengan menu yang bisa menggugah selera kalian lho. Kalian bisa menikmati makanan yang enak dengan pemandangan lereng yang mempesona, sungguh nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan.

Baca Juga:  Aturan Baru untuk Turis Asing di Bali

Itulah beberapa fasilitas yang ada di Ketep Pass. Eits, bukan hanya itu saja yang akan kita bahas. Setiap saya ke area Ketepikalau anda berada di Ketep Pass saya sarankan untuk mampir di warung yang berada sedikit di bawah. Dengan penjualnya Ibu — ibu yang sudah tua, Ibu itu menjual Tempe Mendoan dengan harga Rp1.000/mendoan. Bayangkan dengan uang 1.000 rupiah anda sudah mendapat mendoan besar nan hangat ditambah bonus sambal kecap!!! Cocok banget tempat ini untuk traveller kantong tipis macam saya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA