Search

Gus Syafiq Terpilih Pimpin GP Ansor Pati

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pati, Jawa Tengah memiliki pemimpin baru. Abdullah Syafiq secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Pati masa khidmat 2022-2026. Hal tersebut buah dari konferensi yang dipusatkan di Perguruan Islam Al-Hikmah Kajen, Margoyoso, Senin (16/05/2022).

Pria yang akrab disapa Gus Syafiq ini sebelumnya memimpin lembaga semiotonom Majelis Dakwah dan Selawat (MDS) Rijalul Ansor PC GP Ansor Pati.

Ketua PC GP Ansor Pati demisioner Itqonul Hakim mengatakan, konfercab merupakan amanat organisasi yang tertuang dalam peraturan dasar. Dia berhadap suksesornya mampu membuat lompatan besar demi kemajuan organisasi.

Gus Syafiq menangkap pesan ketua demisioner dengan menyatakan siap berimprovisasi tanpa keluar dari garis komando dan regulasi organisasi. Dia menyadari, tantangan Ansor tidak ringan, baik secara internal maupun eksternal.

Baca Juga:  PCINU Inggris: Ratu Elizabeth II Teladan Kebijaksanaan

“Konsolidasi menjadi agenda mutlak. Sejalan dengan itu, rumusan program juga kami sandingkan dengan kondisi terkini,” ujar dia.

Sebagai organisasi kepemudaan berbasis Islam terbesar di Indonesia, menurutnya Ansor harus bisa terdepan dalam beragam gerakan. Terlebih dalam menghadapi era industri 4.0 yang begerak ke 5.0.

“Kami memiliki segudang kader potensial melalui proses pengkaderan dan dalam bentuk penguatan kapasitas lain. Itu modal untuk menggenggam zaman, bukan lagi menyongsong,” tandas dia.

Konferensi dihadiri utusan Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, Ulil Arham dan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jateng, Hadi Masykur.

Wakil Ketua PW Ansor Jateng Abdul Rahman juga hadir untuk membantu PP GP Ansor memverifikasi berkas usulan (rekomendasi) bakal calon. Tiga bakal calon yang muncul didasarkan atas rekomendasi dari pimpinan anak cabang (PAC) dan pimpinan ranting (PR). Bakal calon juga mengikuti uji kelayakan dengan materi keilmuan pesantren (baca kitab) dan wawasan keaswajaan. Selain itu juga memaparkan visi, misi, dan program. Ada pula materi uji manajemen dan kepemimpinan.

Baca Juga:  Ansor dan Fatayat NU di Sumut Terima Alat Salon

(Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA