Search

Berikut Imbauan Polisi bagi Warga yang Hendak Mudik

Sejumlah hal hendaknya diperhatikan bagi warga yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman. Karena dalam waktu dekat, masyarakat mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran tahun ini. Guna memastikan agar pelaksanaan mudik berlangsung aman dan nyaman, ada beberapa hal yang diimbau Polri kepada masyarakat.

Pertama, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo meminta, agar masyarakat dapat memastikan keamanan rumah yang akan ditinggalkan untuk sementara waktu. Caranya, dengan memastikan seluruh pintu terkunci sebelum meninggalkan rumah dan memberikan informasi kepada tetangga yang tidak melakukan perjalanan mudik Lebaran.

“Dapat juga diinfokan kepada Bhabinkamtibmas untuk didatakan,” kata Dedi dalam keterangannya, Sabtu (23/04/2022).

Sementara itu, bagi yang hendak menggunakan kendaraan pribadi, ia berpesan, agar masyarakat melakukan pengecekan kondisi kendaraan yang akan digunakan sebelum melakukan perjalanan. Pastikan kondisi mesin dan fisik kendaraan benar-benar prima demi mengurangi kejadian yang tidak diharapkan selama dalam perjalanan.
Dedi juga mengimbau agar selama melakukan perjalanan masyarakat dapat mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jika ada kendala teknis yang ditemui di jalan, ia memastikan aparat kepolisian siap membantu masyarakat. Karena kecelakaan terjadi akibat hal ini.

Baca Juga:  Jokowi: Anggaran KPU dan Bawaslu untuk 2024 Aman

“Bila mengalami gangguan dalam perjalanan bisa menghubungi pos pam, atau pos pelayanan kepolisian di jalur mudik. Mari wujudkan mudik aman, sehat dan bahagia,” ujarnya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang hendak menggunakan kendaraan umum, Dedi mengimbau, agar membawa barang secukupnya. “Hindari untuk membawa barang berharga yang berlebihan,” kata dia.

Hal lain yang tidak kalah penting yakni Dedi meminta masyarakat memperhatikan kondisi kesehatan tubuh. Bagi warga yang belum mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster, diharapkan segera mendapatkannya melalui fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan.

Diketahui pemerintah memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 28 hingga 30 April 2022. Kakorlantas Polri Irjen Firman Shatyabudi mengimbau agar masyarakat yang mudik dengan kendaraan umum bisa berangkat lebih dini. Apalagi, lanjutnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memberikan fasilitas mudik gratis untuk masyarakat. “Manfaatkan waktu berangkat lebih awal,” imbuhnya. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA