Search

Jokowi: Anggaran KPU dan Bawaslu untuk 2024 Aman

Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah akan memberikan dukungan penuh bagi pelaksanaan tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Periode 2022-2027 untuk segala proses penyelenggaran Pemilu 2024.

“Terutama dukungan anggaran melalui APBN dan APBD,” ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan pers di Istana Merdeka usai melantik tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu RI, dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (12/04/2022).

KPU dan Bawaslu akan mendapat anggaran Rp100,4 triliun untuk melaksanakan Pemilu dan Pilkada 2024. Jokowi berkata, anggaran akan disiapkan secara bertahap. “KPU Rp76,6 triliun dan Bawaslu Rp33,8 triliun. Ini saya minta didetailkan lagi, dihitung lagi, dikalkulasi lagi dengan baik dalam APBN dan APBD, dipersiapkan secara bertahap,” ujar Jokowi.

Baca Juga:  Jokowi Ingatkan Pendidikan Tak Boleh Terabaikan

Selain dukungan anggaran, Jokowi juga menyebut pemerintah akan mendukung kesiapan teknis lain yang dibutuhkan oleh KPU dan Bawaslu.

Dalam kegiatan itu, ada tujuh anggota KPU yang dilantik, yaitu Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. Sedangkan lima orang Anggota Bawaslu yang juga dilantik Jokowi adalah Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Di KPU, Hasyim Asy’ari terpilih menjadi ketua. Hal itu diresmikan dalam Rapat Pleno KPU yang digelar sesaat setelah pelantikan komisioner KPU periode 2022-2027. Jabatan baru untuk Hasyim diketahui saat prosesi serah terima jabatan.

Hasyim adalah pejabat petahana. Dia telah berkarier di KPU RI sejak 2016. Saat itu, Hasyim menggantikan Husni Kamil Manik yang meninggal dunia. Hasyim juga terpilih menjadi Komisioner KPU periode 2017-2022. Dia memimpin penanganan hukum selama berkarier di KPU RI.

Baca Juga:  CPNS yang Mengundurkan Diri dapat Diganti

Agenda terdekat yang akan dijalani KPU adalah penetapan tahapan dan anggaran Pemilu Serentak 2024. Setelah itu, mereka akan memulai tahapan pada Juni mendatang. KPU akan menyelenggarakan Pemilu Serentak 2024 pada 14 Februari 2024. Mereka juga akan melaksanakan Pilkada Serentak 2024 pada 27 November 2024.

Sementara di Bawaslu, rapat pleno anggota baru menyepakati untuk menunjuk Rahmat Bagja sebagai Ketua lembaga tersebut selama periode 2022-2027. Pleno juga digelar usai mereka mengikuti prosesi pelantikan sebagai anggota Bawaslu periode 2022-2027 di Istana, Selasa (12/4).

“Bapak Rahmat Bagja diberi amanah untuk memastikan proses kolektif kolegial kepemimpinan Bawaslu RI dapat berjalan sebaik-baiknya,” kata anggota Bawaslu Lolly Suhenty dalam keterangannya dikutip dari situs resmi Bawaslu. NF

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA