Search

Ngaji Ramadan, Bekali Literasi Digital

Jombang, AULA – Ada yang berbeda dari pondok Ramadan di SMAN 1 Jombang, Senin-Kamis (11-14/4). Kegiatan yang diikuti kelas X dan XI ini membekali siswa dengan literasi digital. Pondok Ramadan ini diisi oleh Nuril Hidayah sebagai pemateri sekaligus salah satu pengelola Literasy Center LTN PWNU Jawa Timur.

Dosen STAI Miftahul Ula Kertosono ini juga dikenal sebagai aktivis di Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). Dirinya menjelaskan bahwa di era digital, generasi milenial harus dibekali literasi digital. “Agar pada intinya mampu membedakan mana yang berita dan mana hoaks,” ujarnya.

Hoaks ini hanya akan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Termasuk mengakibatkan pengambilan keputusan hidup yang salah. “Baik di bidang politik, ekonomi, kesehatan dan yang lain,” jelasnya.

Baca Juga:  Khofifah Puji Semangat Warga Jatim Berkurban, Total 439.974 Hewan

Motif penyebar hoaks diakuinya beragam. Mulai dari mendapatkan imbalan uang, menjatuhkan lawan politik, menyebar kebencian dan fitnah. Termasuk upaya-upaya untuk mengganti ideologi negara.

Solusi yang ditempuh, lanjutnya, perlu adanya nalar kritis. Terlebih sumber informasi yang tidak jelas dan hanya membangkitkan emosi. Di samping adanya permintaan untuk diviralkan. Meskipun kelihatan ilmiah, tapi salah.

Sehingga perlu diperiksa kebenarannya. Ini bisa dilakukan melalui aplikasi Chatbot ataupun Hoax Buster Tools (HBT). “Bisa juga mengecek melalui media yang kredibel kepada situs pencari fakta,” jelasnya.

Alumni Pascasarjana UGM Yogyakarta ini menegaskan, di era kebebasan informasi seperti sekarang, diperlukan netiquette. “Ini semacam tata krama dalam menggunakan media sosial,” katanya.

Baca Juga:  Fatayat NU di Pringsewu, Lampung Diminta Bentengi Aswaja

Etika ini, lanjutnya, mendorong para pengguna medsos menjadi berintegritas, tanggung jawab, memiliki kebajikan dan kesadaran. Ini penting ditekankan kepada para generasi milenial. “Mengingat tahun lalu Indonesia disimpulkan sebagai negara yang paling tidak sopan se-Asia Tenggara dalam bermedsos,” terangnya.

Selain Nuril Hidayah, kegiatan pondok Ramadan ini juga diisi oleh Ustadz Hamsa Fauriz, dosen ma’had aly Tebuireng. Juga KH. Abdul Basit, sekretaris LPBH PCNU Jombang dan Ustadzah Hanifah Atmi Nurmala, mahasiswa pascasarjana IAI KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto.

Dikonfirmasi di lokasi acara, ketua panitia Ardiansyah Setya menegaskan pondok Ramadan tahun ini digelar tatap muka. Tentu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Setelah dua tahun kemarin digelar secara daring,” ujarnya.

Baca Juga:  Gelar PeaceSantren, Kemenag Tebar Pesan Damai Bareng Santri di Bulan Ramadlan

Dirinya dan panitia berharap, peserta memiliki spirit positif dalam memanfaatkan media sosial. Di samping materi tentang fikih puasa, zakat, shalat dan Alquran. “Ini sesuai dengan tema acara, mendidik generasi muslim, khususnya siswa di era digital,” pungkasnya. MK

 

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA