Search

Cuci Mata di Curug Jenggala Banyumas, Bikin Sejuk Hati dan Pikiran

Ternyata Banyumas memiliki destinasi wisata yang hits dan instagrammable sejak tahun 2016. Tempat tersebut adalah Curug Jenggala, air terjun memukau hasil pertemuan dua aliran sungai. Objek wisata ini dapat dikenali dengan jajaran tiga air terjun yang deras dan dek swafoto berbentuk hati. Air terjun ini bisa ditemukan jika berkunjung ke Dusun Kalipagu, Kabupaten Banyumas.

Curug Jenggal adalah air terjun setinggi kurang lebih 30 meter yang berada di Banyumas. Air terjun ini merupakan salah satu rangkaian air terjun yang berada di kawasan Gunung Slamet. Sebelumnya, Curug Jenggala memiliki nama Curug Tempuan, mewakili kondisinya yang menjadi pertemuan Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu.

Tempat wisata ini semakin menarik banyak pengunjung, terutama dari kalangan anak muda, setelah ditata menjadi tempat yang cantik dan menarik untuk berswafoto. Meski membutuhkan waktu untuk dicapai, namun akses jalan menuju air terjun kini sudah sangat rapi dan tertata. Rasa lelah akan terlupakan dengan pemandangan alam Gunung Slamet yang masih hijau dan terjaga.

Baca Juga:  Banyumas luncurkan sistem "Gilasirosi" untuk promosikan produk UMKM

Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus melalui jalan setapak sekitar 800 meter. Jalan ini bisa dilalui dengan berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek. Kendaraan pribadi akan diparkirkan di halaman rumah warga setempat.

Jalan setapak yang harus dilalui dari area parkir berupa jalan berlapis bebatuan yang rapi dengan lebar 1 meter. Jangan khawatir, karena perjalanan ini akan dimanjakan oleh pemandangan sekitar yang indah. Mulai dari jalur pipa air PLTA Ketenger, sawah dan kebun, serta Gunung Slamet yang menjulang di kejauhan. Hati-hati ketika mulai memasuki kawasan hutan, karena kondisi jalan akan semakin terjal, curam, dan licin.

Setelah menyusuri jalan setapak, pengunjung akan tiba di gapura Jenggala. Dari sini tinggal 150 meter lagi menuju lokasi curug. Jika sempat, kunjungi Sendang Candrakirana sebelum melanjutkan perjalanan. Sendang ini memiliki air terjun kecil dan menampung air langsung dari mata air pegunungan, sehingga jernih dan bersih.

Baca Juga:  Ada Pesan Moral Dibalik Keindahah Wisata Danau Toba

Curug Jenggala dapat dicapai setelah 150 meter menyusuri jalan setapak berbatu. Panorama tiga air terjun dari atas tebing akan langsung menyambut wisatawan. Jika ingin melihat lebih dekat, pengunjung tinggal turun ke bawah melalui tangga batu dan jembatan.

Karena arus dan debit air yang tinggi, terdapat larangan untuk berenang atau bermain air di dekat air terjun. Namun, pengunjung tetap diperbolehkan menikmatinya dari pinggir sungai atau dari bebatuan yang tersebar di sungai. Angin akan mengembuskan butiran-butiran air dan memberikan hawa sejuk.

Tiket Masuk

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan biaya tiket Curug Jenggala. Tarif tiket masuknya sangat terjangkau dan berlaku untuk hari biasa maupun hari libur. Tiket ini sudah termasuk tarif memasuki objek wisata Kalipagu, sepert Curug Panganten dan Curug Muntu.

Baca Juga:  Kuliner Unik Khas Kulon Progo

Harga Tiket di objek wisata ini Rp10.000, Jam Buka: 07.00 – 15.30No Telp: 081477014530 Alamat: Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53152.

Objek wisata air terjun ini bisa dikunjungi oleh kalangan umum setiap hari. Biasanya, Curug Jenggala ramai pada musim liburan sebagai destinasi wisata keluarga.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA