Search

Ada Pesan Moral Dibalik Keindahah Wisata Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia yang terletak di Sumatera Toba. Danau yang juga mendapat predikat sebagai danau vulkanik terbesar di dunia ini memiliki luas sekitar 1.130 kilometer persegi. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah, Danau Toba dan Pulau Samosir juga memiliki legenda yang sangat terkenal.

Legenda Danau Toba Berdasarkan cerita rakyat yang dipercaya masyarakat setempat, Danau Toba dulunya adalah sebuah dataran kering yang ditinggali seseorang pria bernama Toba.

Legenda ini dikutip dari jurnal berjudul Nilai Moral dan Kerja Keras dalam Dongeng Danau Toba pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional karya Rosmilan Pulungan dan Amanda Syahri Nasution.

Dikisahkan bahwa Toba suatu hari mendapatkan seekor ikan emas ajaib ketika sedang memancing. Ikan emas tersebut kemudian berubah menjadi seorang wanita cantik dan membuat Toba jatuh cinta. Singkat cerita, Toba menikah dengan wanita tersebut dan memiliki seorang anak laki-laki yang diberi nama Samosir.

Baca Juga:  Korsel Cabut Syarat Karantina dan Tes PCR Covid-19

Akan tetapi, Samosir ternyata tumbuh menjadi anak pembangkang dan sering menguji kesabaran sang ayah. Suatu hari Samosir diminta sang ibu untuk mengantar makanan kepada ayahnya yang sedang bekerja di ladang. Sayangnya, ia tak melakukan tugasnya dengan benar dan justru bermain sepak bola dengan teman-temannya. Bahkan, makanan untuk ayahnya pun ia santap.

Melanggar janji Hal ini ternyata membuat Toba hilang kesabaran. Dengan murka, ia menyumpahi Samosir dan menyebut anaknya itu sebagai anak ikan. Padahal, kepada istrinya dahulu, Toba berjanji untuk tidak mengungkit asal muasal sang istri kepada anaknya.

Saat itu juga, dari jejak kaki Toba muncul mata air yang mengalir sangat deras. Mata air itu tidak bisa berhenti dan akhirnya menenggelamkan desa Toba beserta beberapa desa di sekitarnya.

Baca Juga:  7 Wisata Kampung Batik Terpopuler

Gunung Toba yang berada di wilayah tersebut kini sudah tak menunjukkan aktivitas vulkanik. Pemerintah pun memasukkan gunung tersebut ke dalam daftar gunung berapi Tipe B atau gunung berapi istirahat.

Transportasi

Kementerian Perhubungan mendukung konektivitas transportasi di wilayah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, seperti di Danau Toba, Sumatera Utara. Dengan meluncurkan bus air KMP Jurung-Jurung 70 GT untuk melayani transportasi pariwisata.

Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Cucu Mulyana mengatakan dibangunnya bus air ini sangat diperlukan untuk memberikan kemudahan konektivitas, kenyamanan bagi masyarakat.

“Di samping itu, penyediaan sarana angkutan bus air ini adalah salah satu bentuk komitmen Pemerintah dalam upaya meningkatkan aksesibilitas bagi wisatawan khususnya di wilayah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional [KSPN] Danau Toba,” ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima, Kamis, 24 Desember.

Baca Juga:  Pameran Karya Seni di Hutan Kota by Plataran

Di sisi lain, Kapal KMP Kaldera Toba, Bus Air KMP Asa-Asa, dan Bus Air KMP Jurung – Jurung ini nantinya akan dilakukan sea trial atau uji coba pelayaran yang merupakan serangkaian inspeksi terakhir sebelum kapal diizinkan berlayar dan memiliki sertifikat dari kelas. Kapal akan diuji dengan serangkaian tes untuk mengetahui kelayakannya pada saat berlayar.

“Semoga dengan adanya kapal dari Kementerian Perhubungan ini dapat meningkatkan minat wisatawan lokal dan internasional untuk berkunjung ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba,” ujarnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA