Search

Kuliner Unik Khas Kulon Progo

Majalahaula.id – Berkunjung ke Jogja selain menemukan makanan khas seperti Gudeg, ada beberapa makanan khas Jogja lainnya yang perlu kamu ketahui. Jika menilik ke daerah Kulon Progo, ada makanan khas Kulon Progo yang bisa kamu cicipi sembari berkunjung.

Mengutip laman Instagram @eksplorekulonprogo, berikut 5 makanan tradisional Kulon Progo yang bakal membawa kamu untuk bernostalgia.

1. Growol

Growol adalah makanan khas yang terbuat dari olahan singkong, lalu dibentuk sesuai selera. Warga sekitar biasa menjadikan growol sebagai pengganti nasi dengan pelengkap seperti serundeng atau tempe benguk.

Pengolahan pada makanan satu ini akan menghasilkan tekstur yang empuk dan sedikit rasa gurih. Growol akan membawa kamu untuk bernostalgia.

Baca Juga:  Wisata ke Air Terjun Pengantin Ngawi, Dipercaya Bikin Hubungan Langgeng

2. Besengek

Besengek atau tempe benguk terbuat dari olahan biji kacang koro yang dibumbui dengan parutan kelapa dan pewarna kunyit. Tak perlu ragu soal penampilannya. Sebab, rasa dari besengek ini sangat khas, gurihnya berbeda dari tempe kedelai.

Dahulu biasa digunakan sebagai lauk nasi tiwel dengan tambahan sambal bawang. Namun, ada juga yang memakan tempe benguk bersama geblek atau growol. Besengek biasa disajikan dengan bungkus daun jati, kamu bisa menjumpai di pasar tradisional.

3. Gula semut

Perpaduan nama antara gula dan semut pasti sudah identik dengan rasa manis. Gula semut atau aren ini berbahan dasar nira kelapa yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Makanan khas ini hampir mirip dengan gula jawa, hanya saja bentuk seperti gula pasir atau bubuk.

Baca Juga:  Satwa Baru Romokalisari Adventure Land Surabaya

Daerah di Kulon Progo sudah banyak yang memproduksi gula semut ini antara lain CV Menoreh Politan dan KSU Jatirogo. Biasanya tersaji dalam bentuk minuman yang menghasilkan aroma rempah-rempah.

4. Cenil

Cenil bisa kamu dapati di pasar-pasar tradisional terdekat. Bentuknya bulat atau lonjong kecil-kecil ini menghasilkan tekstur kenyal dan empuk. Cita rasanya pun dapat menggoyangkan lidah dengan perpaduan manis gula serta gurih kelapa.

Cenil biasa disebut warga sekitar jajanan tradisional yang terbuat dari sari pati ketela pohon. Jangan sampe terlewat untuk mencicipi makanan khas Kulunprogo ini.

5. Geblek

Siapa sangka makanan ini populer sebagai jajanan tradisional di Kulonprogo. Geblek terbuat dari tepung kanji dan tapioka dengan bumbu bawang yang digoreng. Bentuknya bulat berwarna putih bersih menghasilkan tekstur yang renyah dan sedikit gurih.

Baca Juga:  Awali Kunjungan ke Singkawang dengan Datang ke Taman Gunung Sari

Aroma makanan khas ini menggugah selera karena adanya campuran bumbu bawang pada adonanya. Biasanya disantap menggunakan tempe bacem. Makanan satu ini paling nikmat dimakan saat masih hangat.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA