Search

DPR Ingatkan Kekesalan Presiden Berbuah Reshuffle

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil sejumlah menteri kabinet hingga bicara soal reshuffle. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berpandangan sentilan Jokowi tersebut puncak kekesalan.

“Ya itu merupakan puncak kekesalan dari Pak Presiden Jokowi terhadap kinerja kabinet. Mungkin ada sejumlah menteri yang tidak performance, sehingga membuat Presiden marah. Ada kabinet yang tidak bisa menjalankan visi-misi Presiden,” kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek kepada wartawan, Jumat (25/03/2022).

PPP menyerahkan sepenuhnya reshuffle atau perombakan kabinet di tangan Jokowi. PPP pun bicara soal menterinya di kabinet yang tak disentil Jokowi.

Awiek mengatakan menteri dari PPP bekerja bagus selama ini. Ketum PPP Suharso Monoarfa dinilai sukses mengantarkan UU IKN Nusantara.

Baca Juga:  Dito Mahendra Resmi Ditahan Bareskrim Polri

“Yang memang menteri dari PPP kan performanya bagus. Pak Suharso kemarin menjadi leading sector pembahasan RUU IKN yang sebagian orang itu dianggap rumit dan sulit terealisasi,” ujarnya.

Selain menuntaskan UU IKN, PPP juga menyebut Suharso bagus dalam perencanaan pembangunan. Seperti diketahui Suharso Monoarfa menjabat Menteri PPN/Kepala Bappenas.

“Tapi Pak Harso lumayan, dan selesai menuntaskan tugasnya. Termasuk dalam perencanaan pembangunan selama ini ada konsep baru, ada budaya baru, yang dikembangkan Pak Harso,” kata Awiek.

“Misalkan musrenbang tidak sekadar seremonial, tetapi bagaimana musrenbang itu berisi dan apa benar serius tata pengelola programnya, perencanaan,” imbuhnya.

Jokowi sebelumnya menyinggung reshuffle ketika memberi arahan soal Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia. Jokowi mengaku jengkel karena alat kesehatan hingga alat mesin pertanian masih banyak didapat dari impor.

Baca Juga:  Raih Berkah di 2024, Muslimat NU Sumenep Gelar Khatmil Qur'an dan Tumpengan

Dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (25/3), Jokowi menyinggung susahnya belanja produk dalam negeri. Jokowi kemudian menyentil kementerian-kementerian dan di momen inilah dia menyinggung reshuffle.

“Kementerian, sama saja, tapi itu bagian saya itu. Reshuffle, udah, heeeeh saya itu, kayak gini nggak bisa jalan,” kata Jokowi.

“Sudah di depan mata, uangnya ada, uang uang kita sendiri, tinggal belanjakan produk dalam negeri saja sulit,” imbuh Jokowi.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA