Search

Pelaku UMKM Magelang Belajar Literasi Keuangan

Majalahaula.id – Ratusan UMKM di wilayah Kabupaten Magelang mengikuti “Edukasi Literasi Keuangan” di Kantor Pusat PT BPR Bank Bapas 69 (Perseroda) atau Bank Bapas 69. Kegiatan ini dilaksanakan 3 hari, Selasa hingga Kamis (3-5/10/2023). Untuk hari pertama dan kedua diikuti masing-masing 100 orang, sedang hari ketiga sekitar 20 orang.

Kegiatan bertemakan “Sukses & Maju” Sinergi UMKM dan Bank Bapas ini dibuka Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop UKM) Kabupaten Magelang Basirul Hakim.

Di forum pembukaan ini juga dilakukan penyerahan penghargaan bagi 10 Besar UMKM Award 2023, yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan pameran produk UMKM Binaan Bank Bapas 69, baik produk bidang kuliner maupun bidang kerajinan.

Baca Juga:  Dorong UMKM Santri Naik Kelas, PBNU Jalin Kerja Sama dengan Kemendag

Pembukaan pameran dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, yang didampingi Dirut Bank Bapas 69 H Rohmad Widodo, Direktur Umum dan Kepatuhan Bank Bapas 69 Dyah Retno Andiani, Direktur Operasional Bank Bapas 69 Heni Astuti maupun lainnya.

Basirul kepada wartawan usai pembukaan pameran mengatakan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Bank Bapas 69 merupakan salah satu bentuk dukungan kepada para pelaku usaha mikro yang ada di Kabupaten Magelang.

“Bank Bapas 69 merupakan area publik, dalam hal bertemunya nasabah atau penabung yang hadir di Bank Bapas 69,” katanya seperti dilansir dari krjogja.com

Dikatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang berterima kasih atas kehadiran Bank Bapas 69. yang setiap tahunnya banyak memberikan sesuatu yang luar biasa kepada masyarakat Kabupaten Magelang.

Baca Juga:  Modal Nekat, Windo Yugo Vio Sukses Kembangkan Bisnis Kuliner “Hot chicken pop”

Baik dari UMKM Award, mungkin segala bantuan berkaitan dengan partisipasinya dalam kegiatan-kegiatan ekspo UMKM Kabupaten Magelang Semarak Gemilang, kegiatan olahraga maupun lainnya yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Magelang.

Keberadaan UMKM di wilayah Kabupaten Magelang tercatat 106 ribu UMKM. Ini sesuai dengan pendataan dari pusat. Keberadaan UMKM tumbuh dan berkembang, ada yang mati dan ada yang ‘hidup segan’, ada yang melaju pesat, ada yang meningkat dari usaha yang biasa-biasa kemudian dapat melaksanakan ekspor.

Dirut Bank Bapas 69 menambahkan pelaksanaan “Edukasi Literasi Keuangan” ini juga dalam rangka Program Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tahun 2023, Bank Bapas 69 memiliki kewajiban memberikan pemahaman berkaitan dengan informasi perbankan.

Baca Juga:  Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 52 Dibuka

Di forum pelatihan atau edukasi, Dirut Bank Bapas 69 juga sempat menyampaikan informasi berkaitan dengan keberadaan investasi bodong, pinjol maupun lainnya yang wajib disampaikan kepada masyarakat.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA