Search

Kiat Sukses Memulai Bisnis buket

Majalahaula.id – Salah satu bisnis yang sedang booming di tengah masyarakat adalah bisnis buket bunga. Buket menjadi bisnis yang cukup menjanjikan karena modal yang dibutuhkan relatif sedikit sedangkan kebutuhan pasar akan buket cukup tinggi. Dalam menjalankan bisnis buket, gambaran tentang bagaimana bisnis dijalankan harus jelas.

Kalau kamu tertarik, ada baiknya untuk mengetahui berapa modal usaha bisnis buket bunga yang kamu butuhkan hingga apa saja tantangan serta keuntungan yang akan kamu lewati selama menjalani usaha tersebut. Simak kiat sukses berikut untuk memulai bisnis buket.

  1. Buat perencanaan

 

Sebelum memulai usaha, kamu dapat membuat perencanaan awal yang matang terlebih dahulu. Perencanaan ini sebagai panduan agar usaha yang dijalankan tetap pada jalurnya. Perencanaan ini meliputi tentukan target pasar, tentukan jenis buket yang dijual, sediakan paket buket yang dijadikan produk, dan riset kompetitor buket bunga.

Baca Juga:  Wagub Jatim Dorong BUMDes Berkolaborasi dengan UMKM

Selain itu, buat planning bagaimana cara memasarkan produk buket yang telah kamu rangkai dan bagaimana membungkus buket untuk pengiriman yang jaraknya jauh.

 

  1. Tentukan target pasar

 

Tentukan target pasar agar produk buket yang dijual sesuai dengan sasaran pasar yang diinginkan. Target pasar meliputi usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan demografi.

 

  1. Tentukan jenis buket

 

Sebelum memilih supplier, tentukan terlebih dahulu jenis buket apa yang ingin dijual. Ada banyak jenis buket yang dijual di pasaran, seperti buket bunga, buket uang, buket barang, serta buket makanan.

4. Modal

 

Sesudah menentukan jenis buket yang akan dijual, selanjutnya yaitu siapkan modal untuk memulai bisnis buket ini. Setiap jenis buket membutuhkan modal yang berbeda-beda. Misalnya, untuk buket bunga, kamu dapat menggunakan modal yang kecil seperti 1 juta hingga 2 juta.

Baca Juga:  Usaha Kos di Lokasi yang Strategis

 

  1. Cari pemasok barang

 

Jika kamu memilih menjual buket bunga, barang, dan makanan, sebaiknya kamu mencari supplier atau pemasok barang yang Anda butuhkan. Pilihlah pemasok yang terpercaya, harga rendah, dan berkualitas.

  1. Mengembangkan keterampilan

 

Setiap jenis buket membutuhkan keterampilan yang berbeda-beda. Misal untuk buket bunga, kamu perlu memahami jenis-jenis bunga yang bisa dirangkai untuk buket bunga. Selain itu, kamu juga perlu mengembangkan keterampilan merangkai buket sehingga menghasilkan buket yang indah nan cantik. Keterampilan ini bisa anda dapatkan melalui pelatihan-pelatihan online atau melalui platform online.

7. Pemasaran

 

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa memulai di rumah terlebih dahulu. Kemudian dapat memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk memasarkan bunga buket. Kamu dapat memfoto karya buket bunga yang telah dirangkai dalam bentuk yang cantik dan menarik lalu diposting di media sosial.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA