Search

Kiat Sukses jadi Affiliate Marketing Tanpa Modal

Majalahaula.id – Salah satu bisnis yang dapat dilakukan tanpa menggunakan modal yaitu menjadi Affliate Marketing.

Affliate Marketing merupakan sebuah strategi pemasaran, yang biasanya dilakukan oleh beberapa perusahaan besar. Bisnis afiliasi merupakan suatu konsep penjualan barang secara online yang melibatkan pemilik barang, perantara, dan pembeli.

Di dunia nyata, afiliasi ini bisa dibilang sama dengan broker, makelar, sponsor, atau perantara.

Kamu akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk komisi dengan menjual barang dari pemilik barang. Bukan hanya itu, bisnis ini hanya bermodalkan ponsel dan juga paket data.

Berminat menjadi affiliate marketer? Simak tips berikut ini agar menjadi afiliate yang sukses, seperti yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

Baca Juga:  Promo UMKM Merdeka, Beli Pertamax di Pertashop Ini Dapat Hadiah Menarik

1. Pilih dan daftar program afiliasi

Di internet terdapat banyak perusahaan atau merek yang menawarkan program afiliasi. Pastikan kamu memilih program yang terbaik. Kamu dapat menelusuri program afiliasi beberapa perusahaan di Google dengan keyword bisnis affiliate marketing (Brand atau Perusahaan).

Selain itu, perhatikan juga kesesuaian produk yang mereka tawarkan dengan audiens kamu, komisi yang ditawarkan, pencairan komisi, dan ketentuan lainnya.

2. Prioritaskan Kebutuhan dan Selera Audiens

Pada saat menjadi seorang afiliate marketer, kamu harus memerhatikan kebutuhan dan selera target audiens.

Selain itu, kamu harus membangun hubungan yang positif dengan para audiens di media sosial, seperti berdiskusi, merespon audiens, dan bertukar sapa.

Baca Juga:  KKP Permudah Proses Bisnis UMKM Ikan Hias

3. Membuat Konten Orisinil

Selain menjual produk yang sesuai, kamu sebagai afiliate marketer juga harus membuat konten promosi yang original. Jangan sampai video promosi yang sudah kamu buat kena takedown copyright oleh kreator lain.

Tapi, ada beberapa merek yang juga menyediakan konten untuk para affiliate marketer. Jika demikian, kamu bisa memakainya untuk diposting di akun media sosialmu.

4. Tentukan Media Promosi

Media promosi merupakan hal yang sangat penting, karena target utama seorang afiliasi adalah memasarkan atau mempromosikan suatu produk. Kamu bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Tiktok untuk mempromosikan produk.

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan blog atau website, jika kamu memiliki keahlian menulis. Tentunya yang harus kamu perhatikan adalah media yang digunakan dibolehkan atau dilegalkan oleh perusahaan terkait.

Baca Juga:  66 gerai UMKM di Stasiun Halim

5. Manfaatkan SEO

Jika kamu menggunakan blog sebagai media promosi, kamu dapat mempelajari SEO atau Search Engine Optimazation. Kamu dapat membuat artikel dengan kata kunci dan menerapkan SEO untuk meningkatkan traffic situs, yang memungkinkan pengunjung tertarik dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA