Search

78.369 Jemaah Haji Sudah Tiba di Tanah Air

Ilustrasi kedatangan jemaah haji di Indonesia. (Kemenag)

Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443H/2022M telah memasuki hari ke-66. Proses pemulangan Jemaah haji Indonesia terus berlangsung dan sampai hari ini berjalan lancar.

“Jumlah Jemaah Haji yang telah tiba di tanah air sebanyak 78.369 orang,” kata Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Akhmad Fauzin saat Konferensi Pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Hari ini juga, lanjut Akhmad Fauzin, ada delapan kloter jemaah haji Indonesia yang kembali ke tanah air. Mereka tergabung dalam delapan kelompok terbang (Kloter) dan menuju enam debarkasi. Masing-masing satu kloter menuju Debarkasi BTH/Batam (450 orang), BPN/Balikpapan (360 orang), PLM/Palembang (450 orang), SOC/Solo (360 orang), UPG/Ujungpandang (389 orang) dan Debarkasi JKS/Jakarta Saudia Bekasi sebanyak 3 kloter (1.230 orang).

Baca Juga:  KH Maman Imanulhaq Tetap Yakin Suara Solid

“Total sebanyak 3.243 orang,” sambung Akhmad Fauzin.

Terkait Jemaah sakit, Akhmad Fauzin menyampaikan bahwa data hari ini ada 34 orang yang dirawat. Dengan rincian, sebanyak 16 orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), dan 18 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

“Sementara, data jemaah wafat sampai hari ini sebanyak 85 orang,” tandas Akhmad Fauzin.

Akhmad Fauzin juga menyampaikan bahwa seluruh unsur PPIH Arab Saudi yang bertugas di wilayah Daerah Kerja Makkah telah dipulangkan ke tanah air. Pemerintah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh petugas Daerah Kerja Makkah atas kerja keras dan kerja samanya. Dedikasi mereka sangat luar biasa dalam melayani jemaah, siang dan malam tidak mengenal waktu.

Baca Juga:  Puncak Acara Harlah NU, MWCNU Candi adakan Haul Akbar Untuk Para Ulama

“Semoga Allah Swt membalas segala kerja kerasnya dengan kebaikan yang berlipat-lipat, dan dimasukkan dalam golongan haji yang mabrur. Amin ya Rabbal Alamin,” tutup Akhmad Fauzin.

Terkini

13 Mei 2024Tak Perlu Khawatir, Jemaah Haji Bisa Masuk Raudhah dengan TasrehMadinah () — Masuk ke Raudhah dan berziarah ke makam Rasulullah Saw menjadi harapan setiap jamaah haji saat di Madinah. Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Ibadah pada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Madinah Efrilen Hafizh mengatakan bahwa jamaah haji Indonesia dapat memasuki Raudhah di Masjid Nabawi dengan menggunakan Tasreh. “Jemaah haji Indonesia tidak usah resah karena masuk ke Raudhah itu difasilitasi oleh pemerintah melalui penerbitan surat Tasreh. Jemaah tidak harus mengisi dan mendaftar melalui aplikasi Nusuk secara pribadi,” terang Efrilen Hafizh di Kantor Daker Madinah, Selasa (13/5/2024). Hafizh mengatakan, fasilitas untuk masuk ke Raudhah akan diberikan secara kolektif kepada jamaah. “Di setiap kloter itu akan diterbitkan dua tasreh. Pertama, tasreh khusus untuk perempuan. Kedua, tasreh khusus untuk laki-laki,” jelasnya. Ditambahkan Hafizh, pelaksanaan kunjungan ke Raudhah akan dilakukan paling cepat 3 hari setelah jamaah berada di Kota Madinah. “Setelah diterbitkan, tasreh akan diteruskan ke Kepala Sektor Khusus Nabawi. Jadwal masuk Raudhah akan diinformasikan kepada petugas kloter melalui petugas sektor. Sehingga jamaah tinggal datang pada jadwal yang sudah ditentukan,” papar Hafizh. “Jemaah wajib sudah berkumpul di pintu Raudhah paling lambat 30 menit sebelum jadwal masuk. Petugas Seksus Nabawi akan memandu jamaah dan menyerahkan tasreh kepada petugas yang menjaga Raudhah,” sambungnya. Kepala Daker Madinah telah bernegosiasi dengan pihak keamanan sektor Masjid Nabawi untuk memberikan dispensasi kepada petugas Sektor Khusus Nabawi agar dapat melakukan pendampingan terhadap jamaah haji yang masuk ke Raudhah. “Penerbitan tasreh ini dilakukan oleh Kantor Daker Madinah dan diberikan validasi berupa stempel untuk menghindari duplikasi dan menunjukkan bahwa tasrehnya asli,“ tandas Hafizh. Hafizh mengungkapkan bahwa layanan pemberian tasreh ini merupakan salah satu bentuk kehadiran negara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada Jemaah Haji. Jemaah haji Indonesia mulai tiba di Madinah sejak 12 Mei 2024. Proses kedatangan ini akan terus berlanjut hingga 23 Mei 2024. Editor: Moh. Khaeron | Fotografer: Nurhaeni Amir, MCH 2024

Kiai Bertutur

E-Harian AULA