Search

Unugiri Gelar Sosialisasi dan Pembekalan Program BKP MBKM FKIP 2024

Majalahaula.id – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro gelar sosialisasi dan pembekalan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) riset dan magang kerja Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2024 pada Selasa (19/03/2024).

Acara yang dilaksanakan secara virtual itu dihadiri oleh Rektor Unugiri K.M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I., Direktur Akademik dan Kerjasama Unugiri Ainu Zuhriyah, S.Kep., Ns., M.Pd., Dekan FKIP Astrid Chandra Sari, M.Pd., Kaprodi, Dosen, dan Mahasiswa Program Studi (Prodi) di lingkungan FKIP Unugiri.

Mengawali sambutan, Dekan FKIP Unugiri Astrid Chandra Sari, M.Pd., menjelaskan bahwa ada seratus tiga puluh lima Mahasiswa yang akan mengikuti Program BKP MBKM FKIP di Tahun 2024.

“tahun ini sebanyak 135 mahasiswa program studi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan akan mengikuti BKP MBKM FKIP 2024,” ujarnya.

Baca Juga:  Kapolres Baru Silaturahmi Ke Ponpes Al-Fatimah

Lebih lanjut, Astrid menjelaskan ada dua bentuk kegiatan pembelajaran MBKM FKIP 2024 yaitu magang kerja dan riset, yang telah disesuiakan dengan capaian pembelajaran dan standar lulusan masing-masing program studi.

“untuk kegiatan magang kerja diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan Bimbingan Konseling, sedangkan riset/penelitian diikuti oleh mahasiswa Prodi Matematika dan B.Inggris,” jelasnya.

Beliau juga berharap, dua kegiatan yang telah ditentukan, baik riset dan magang kerja dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa.

“saya berharap kegiatan BKP MBKM FKIP berupa riset dapat meningkatkan kompetensi soft skill dan hard skill mahasiswa sebagai peneliti, sehingga dapat merancang, melaksanakan, dan mengembangkan mutu output penelitian. Termasuk kegiatan magang kerja juga dapat memberikan wawasan serta pengalaman praktis kepada mahasiswa mengenai kegiatan riil di dunia usaha, industri, dan dunia kerja,” ucapnya.

Baca Juga:  Datangkan Lima Profesor dari Berbagai Negara, Unugiri Mampu Go Internasional

Sementara itu, Direktur Akademik dan Kerjasama Unugiri Ainu Zuhriyah, S.Kep., Ns., M.Pd., menyampaikan bahwa bentuk kegiatan pembelajaran MBKM FKIP 2024 merupakan program baru untuk mahasiswa angkatan 2021 yang harus dipersiapkan dengan matang.

“BKP MBKM FKIP 2024 ini merupakan kegiatan baru yang harus dipersiapkan secara matang. Di samping itu juga menjadi program wajib untuk mahasiswa FKIP angkatan 2021 sebagai salah satu pionir kampus kita (Unugiri) untuk melaksanakan program tersebut,” ujarnya.

Ainu juga mengajak seluruh civitas akademika FKIP Unugiri untuk menyukseskan program tersebut tersebut agar kampus Unugiri dapat menerapkan kegiatan MBKM sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“mari Bapak dan Ibu pimpinan, Dekan, Kaprodi, dosen, dan Mahasiswa untuk merubah mindset menuju MBKM sebagaimana amanah pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset, dan Teknologi,” jelasnya.

Baca Juga:  Working Grup G20 Bidang Pendidikan Bahas 4 Isu Utama

Selanjutnya, Rektor Unugiri K.M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I., dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya mengikuti Bentuk Kegiatan Pembelajaran MBKM yang digagas FKIP Unugiri di tahun 2024, sebagai ihtiar untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

“Bentuk Kegiatan Pembelajaran MBKM FKIP 2024 berupa magang dan riset tahun ini merupakan kegiatan baru yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya bagi mahasiswa Unugiri,” ucapnya.

Terakhir, beliau juga menggarisbawahi komitmen mahasiswa untuk menjaga nama baik kampus ketika melaksanakan kegiatan di lapangan.

“saya juga berpesan kepada mahasiswa untuk senantiasa menjaga nama baik kampus ketika melaksanakan kegiatan bersama Masyarakat,” pungkasnya.

Setelah berlangsungnya acara pembukaan, acara yang dimulai tepat pukul 09.00 WIB ini dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan program magang dan riset. Termasuk pembekalan untuk para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA