Search

Fun Games, Cara Tim KKN Mandiri Pengakuan UIN Walisongo Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Warga

Majalahaula.id, Kendal – Tim Kuliah Kerja nyata (KKN) Mandiri Pengakuan (MP) UIN Walisongo Semarang menggelar kegiatan bertajuk “Fun Games” bagi warga desa Tambahsari, Kendal , Jawa Tengah. Kegiatan yang diikuti oleh puluhan anak-anak tersebut diadakan di lapangan lapangan RT Josari, kelurahan setempat pada Senin (10/7/2023).

Dalam kegiatan “Fun Games” itu ditawarkan beberapa cabang perlombaan yang dimaksudkan untuk melatih kemampuan motorik anak, selain sebagai bentuk pembelajaran bahasa Inggris. , Diantara cabang lomba adalah Estafet Karet, Human Knot, Word Search, dan Estafet Air.

Ketua panitia, Nurus, menuturkan melalui kegiatan tersebut pihaknya berharap anak-anak tak menganggap bahasa Inggris sebagai hal yang susah dipelajari, “dengan adanya acara ini kami berharap anak-anak akan lebih semangat dalam belajar bahasa Inggris dan tidak menganggap bahasa Inggris susah untuk dipelajari. Mengingat, bahasa Inggris adalah bahasa Internasional, sehingga perlu untuk dipelajari,” jelas Nurus.

Baca Juga:  SMKN 2 Surabaya Terapkan UKK di 5 Desa Kabupaten Sidoarjo

Acara “Fun Games” dimulai dari pukul 09.45 WIB, dengan game Estafet Karet. Adapun estimasi waktu yang diberikan yaitu 15 menit. Grup yang paling banyak mengumpulkan karet akan jadi pemenang. Pada games ini dibutuhkan kekompakan dan konsentrasi agar dapat mempertahankan karet yang dibawa dengan mulut.

Games yang kedua yaitu Human Knot (Tali Manusia). Pada games ini peserta saling bergandengan tangan dan tidak diperbolehkan melepaskan tangan. Peserta saling memasukkan sarung ke lengan lawan secara bergantian dengan frekuensi yang cukup cepat. Bagi kelompok yang paling cepat dalam memutarkan sarung tersebutlah yang menjadi pemenang.

Games ketiga Word Search. Pada games ini peserta berlomba-lomba mencari kata berbahasa Inggris yang sesuai dengan soal yang diberikan. Group yang mengumpulkan jumlah kata terbanyak, dia lah yang menjadi pemenang.

Baca Juga:  Sambut Ramadan 1445 H, KB-TK Al Muslim Gelar Orasi Tarhib Ramadan

Sedangkan games terakhir yaitu Estafet Air. Peserta berbaris kebelakang, menunggu air yang diberikan dari orang di depannya. Air tersebut akan di salurkan hingga orang terakhir kemudian dituang ke tempat yang sudah disediakan. Bagi grup yang mengumpulkan air terbanyak, dialah yang menjadi pemenang.

Kegiatan Fun Games menarik perhatian anak-anak, bahkan beberapa beberapa diantaranya datang lebih awal karena antusiasnya untuk mengikuti fun game.Beberapa diantaranya juga mengaku senang dengan adanya acara kali ini. “Acaranya seru, Kak. Kapan-kapan main lagi, ya!” ungkap Farel, salah satu peserta Fun Games dengan girang.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA