Search

Qonata Putri Kuliah Kedokteran di Rusia

Majalahaula.id – Dirinya belum lulus dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) saat menerima beasiswa S2 Kedokteran di Rusia. Video penerimaannya itu menjadi viral di media sosial TikTok dan menginspirasi banyak pelajar.

Qonata saat ini masih berkuliah di jurusan Keperawatan Unsoed. Mahasiswa angkatan 2020 itu mengaku tidak menyangka video penerimaannya akan viral di media sosialnya @QonataPutri.

Dalam video tersebut, terlihat Qonata sedang mengakses pengumuman seleksi beasiswa ke Rusia. Video yang diunggah pada Desember 2023 lalu telah mencapai 68,2 ribu likes dan ribuan komentar. Prestasi Qonata tak sampai di situ. Ia juga terbang untuk mengikuti magang di Jepang.

Qonata mengaku jika melanjutkan kuliah pascasarjana merupakan cita-citanya. Sejak semester awal, ia aktif mencari informasi tentang beasiswa di jenjang tersebut. “Pertama, aku masih berusaha untuk mencari info beasiswa kuliah kedokteran di Indonesia. Karena memang aku merasa bahwa aku mampunya kuliah kedokterannya melalui beasiswa. Tapi, setelah mencari-cari, akhirnya aku merasa kecil hati karena gak dapet informasi tentang beasiswa kedokteran yang bisa aku apply pada saat itu,” ceritanya, Sabtu (09/03/2024).

Baca Juga:  KH Miftah Maulana Habiburrahman - Pesan untuk Deddy Corbuzier

Tak patah semangat, Qonata mulai mencari informasi tentang beasiswa di mancanegara. Di situlah Qonata bertemu dengan beasiswa dari pemerintah Rusia bernama Russian Government Scholarship. “Akhirnya aku ngikutin dan aku persiapkan beasiswa ini tuh sebenarnya udah lebih dari dua tahun yang lalu. Aku mulai persiapan, dan tahun ini aku mendaftar, dan alhamdulillah lolos,” ujarnya.

Dari ribuan pendaftar, Qonata terpilih sebagai penerima beasiswa. Menurutnya, seleksi beasiswa tidak terlalu sulit. Ia cukup mengirimkan berkas dan mengikuti wawancara berbahasa Inggris. Setelah dinyatakan diterima, Qonata belum mendapatkan universitas. Ia diminta mengajukan enam universitas pilihan Pemerintah Rusia yang akan memberikan penempatan universitas. “Nanti ketika kita sudah dinyatakan lolos dari enam universitas itu, kita akan ditempatkan,” ujarnya.

Baca Juga:  Bintang Puspayoga Prihatinkan Angka Pernikahan Dini

Sembari menunggu waktu kelulusan dan bertolak ke Rusia, Qonata mengasah keterampilannya dengan magang. Tidak tanggung-tanggung, ia mengikuti magang di Negeri Sakura. Usai mendaftar, ia ditetapkan sebagai salah satu mahasiswa yang akan diberangkatkan magang di Jepang. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA