Search

Syekh Mohammad bin Abdul Karim Al-Issa Konflik Pelestina Gagalnya Manusia

Majalahaula.id – Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) ini menyebut perang di Palestina sebagai bukti kegagalan manusia. Hal ini disampaikannya saat menyampaikan pidato kunci pada R20 International Summit of Religious Authorities (ISORA) di Hotel Park Hyatt, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).
Menurut Syekh Al Issa, pendirian organisasi internasional pascaperang dunia kedua dalam beberapa hal tidak ditindaklanjuti secara serius. “Konflik yang terjadi di Palestina menjadi satu bukti hal tersebut. Semua perang menceritakan kisah kegagalan manusia,” katanya.
Ia mengatakan bahwa tiap peperangan yang terjadi hanya melahirkan egosentrisme, barbarisme, dan hukum rimba. Semua aspek tersebut pada akhirnya berujung pada kerusakan kehidupan. Ditambah lagi, kata Syekh Al Issa, penelitian menyebutkan bahwa ada 170 juta jiwa yang menjadi korban dalam peperangan di dunia.
Untuk itu, ulama Arab Saudi ini juga menekankan pentingnya peran moral sebagaimana agama hadir di dunia. Ia pun mengutip sabda Rasulullah SAW dalam hadits yang menyebut bahwa beliau diutus untuk memperbaiki akhlak manusia.

Baca Juga:  Siti Nurhaliza Duet dengan Putri Ariani

Lebih lanjut, Syekh Al Issa menyeru seluruh negara dan organisasi dunia untuk bersatu menghentikan kekerasan. Seruan ini secara khusus ditujukan pada serangan Israel di Jalur Gaza, Palestina. “Pertemuan R20 ISORA ini perlu dicari solusi yang berkelanjutan untuk menuntaskan persoalan-persoalan yang terjadi. Dan mencari solusi berkelanjutan untuk konflik ini,” ujarnya.

R20 ISORA adalah forum yang diusung oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk membahas eskalasi konflik Israel-Palestina serta berupaya mencari solusi. Forum ini menjadi lanjutan dari inisiatif Muktamar Fiqih Peradaban, ASEAN IIDC, dan R20 beberapa waktu lalu.

The post Syekh Mohammad bin Abdul Karim Al-Issa Konflik Pelestina Gagalnya Manusia appeared first on Aulanews.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA