Search

Kepala SMA Al Muslim Raih Juara 1 Lomba Inovasi Kepala Sekolah GCC Batch 4 Jawa Timur

Majalahaula.id – GTK Creatif Camp (GCC) Batch 4 adalah kegiatan rutin yang diselengarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi JawaTimur bidang GTK. GCC adalah event yang sangat bergensi, karena tidak hanya sekedar lomba akan tetapi merupakan ajang kreativitas bagi semua GTK Jawa Timur, diantaranya pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, baik dari SMA, SMK, dan PKLK. Baik guru kepala sekolah, maupun pengawas sekolah sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Untuk mengikuti event ini sebelum semua peserta lomba wajib mengikuti serangkaian workshop yang diadakan oleh panitia dengan berbagai tema yang relevan dengan inovasi yang dilakukan oleh peserta lomba.

Kegiatan lomba GCC ini terdiri dari 9 bidang lomba, yaitu inovasi pengawas sekolah, inovasi kepala sekolah, lomba media pembelajaran berbasis IT, lomba modul ajar kurikulum merdeka, lomba video pembelajaran (best practis) kurikulum merdeka, lomba film pendek, lomba desain fashion, lomba kewirausahaan, dan terakhir lomba video tourism.

Baca Juga:  Empat Dosen Ikuti Bimtek Fasilitator Program Sekolah Penggerak

Dari kurang lebih 600 peserta lomba inovasi kepala sekolah, Alhamdulillah Kepala SMA Al Muslim mendapat Juara 1 Lomba Inovasi Kepala Sekolah GCC Batch 4 Jawa Timur. Torehan prestasi ini diawali menjadi finalis 5 besar dengan mempresentasikan karya inovasi yang telah dilakukan di depan 3 dewan juri. Berbagai upaya dilakukan agar mendapatkan hasil terbaik. Mulai menyiapkan bukti karya, bahan presentasi, dan tak kalah pentingnya adalah semangat tinggi untuk memaparkan karyanya di depan dewan juri. Alhamdulillah dari 5 besar akhirnya Dr. Mahmudah , S.Ag. M.Pd selaku kepala SMA Al Muslim mendapatkan nominasi 3 besar dan mendapatkan undangan menerima penghargaan dari Ibu Khofifah selaku Gubernur Jawa Timur.
‘’Alhamdulillah saya bersyukur dan sangat bahagia rasanya saat nama saya disebut sebagai juara 1 kategori bidang lomba inovasi Kepala sekolah GCC Batch 4. Prestasi ini menjadi tantangan untuk selalu melakukan inovasi kemajuan di SMA Al Muslim khususnya dan umumnya di dunia pendidikan.” Ujar Dr. Mahmudah, S.Ag., M.Pd. kepala SMA Al Muslim.

Baca Juga:  Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah Pasuruan, Sukseskan Program Mudik dengan 1 Juta Vaksin Booster

Untuk sampai pada posisi ini benar-benar membutuhkan perjuangan yang luar biasa. Sudah 3 tahun mengikuti lomba ini, Alhamdulillah pada tahun ketiga berhasil mendapatkan penghargaan juara 1. Keberhasilan ini juga berkat kerjasama dari guru-guru dan semua civitas SMA Al Muslim juga, sehingga apa yang menjadi inovasi dalam tugas menajerial bisa berhasil. Imbuhnya

“Dengan adanya GCC ini harapannya GTK mampu melakukan pengimbasan kepada sekolah lain sehingga bergerak bersama untuk memajukan pendidikan di Indonesia” Aries Agung Paewai, S.STP., M.M. Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur

Tema inovasi yang diusung kepala SMA Al Muslim adalah Strategi 7M dalam rapor kinerja guru (RAKINERU). Inovasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru-guru di SMA Al Muslim sehingga berdampak pada pencapaian hasil rapor kinerja guru yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ketujuh strategi tersebut adalah mengadakan program pelatihan guru, mengaktifkan forum diskusi dengan komunitas belajar, memberikan penghargaan kepada guru, membiasakan bersikap terbuka terhadap kritik dan saran, membuat lingkungan kerja yang nyaman, menerapkan nilai dan budaya positif, melakukan evaluasi yang berkelanjutan.
Harapannya dengan adanya strategi 7M. Guru memiliki motivasi tinggi untuk meningkatkan kinerjanya. Imbuhnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA