Search

Menjaga Lingkungan, PCINU Kuwait Turut Serta Tanam Pohon Bersama

Bersama Rois Syuriah, Ketua Tanfidziah, pengurus PCINU Kuwait menanam pohon

Majalahaula.id, Kuwait – KBRI Kuwait City mengajak Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kuwait untuk menanam pohon. Bekerjasama dengan UN Habitat Kuwait dan unsur Masyarakat dari PCINU Kuwait, PCIM Kuwait, dan Forum Diaspora Indonesia Kuwait, Penanaman pohon juga dilakukan oleh Dr. Ameera, Director UN-Habitat Kuwait, juga duta besar negara-negara ASEAN.

Kegiatan tersebut digelar di Sabah Al Ahmad Natural Reserve, dengan mengangkat tema “Urban October Conservation Day” dengan menanam kurang lebih 300 pohon oleh lebih dari 250 masyarakat Indonesia di Kuwait.

Ketua PCINU Kuwait, Bogi Haryo Nugroho menjelaskan kegiatan ini terlaksana atas inisiasi UN Habitat, KBRI dan PCINU Kuwait bekerjasama PCI Muhammadiyah serta melibatkan masyarakat Indonesia yang berada di Kuwait.

Baca Juga:  Raja Salman Umumkan Arab Saudi Libur Nasional Usai Hajar Argentina

“Ini juga merupakan bentuk kepedulian Jamiyah dan jamaah NU cabang Indonesia di Kuwait bersama masyarakat Indonesia terhadap lingkungan dan komitmen bersama untuk mengatasi tantangan lingkungan global dan memperkuat kerjasama internasional bagi kehidupan dan peradaban,” ujarnya.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Kuwait Lena Maryana Mukti membuka menanam pohon pertama diikuti Direktur UN-Habitat, dan undangan dari Duta Besar

 

Menurutnya, PCINU Kuwait turut menginisiasi dalam kegiatan sebagai bentuk peringatan 1 abad NU serta dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 dan 55 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Kuwait.

“Sekaligus PCINU Kuwait turut ngalap berkah 1 Abad NU,” tandasnya.

Sekitar 250 orang WNI dari berbagai usia dan golongan turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Selain itu, hadir pula beberapa Kepala Perwakilan ASEAN, yaitu Duta Besar Brunei Darussalam Haji Ahmad bin Haji Jumat, Duta Besar Vietnam Ngo Toan Thang, dan Duta Besar Kamboja SMAN Manan.

Baca Juga:  Arab Saudi akan Amandemen UU soal Bendera dan Lagu Kebangsaan

Melalui kegiatan ini, kedepannya diharapkan bisa membawa dampak positif bagi pemeliharaan lingkungan di Kuwait yang juga akan mempengaruhi keberlangsungan pemeliharaan lingkungan dunia. Mengingat, tanah di kawasan ini tidaklah seperti tanah di Indonesia yang subur dan mudah ditumbuhi oleh berbagai macam tanaman.

Bersama Rois Syuriah, Ketua Tanfidziah, pengurus PCINU Kuwait menanam pohon

 

Di kawasan ini, tanah cenderung kering dan tandus, ditambah dengan iklim yang panas, sehingga memerlukan upaya khusus untuk menumbuhkan, memelihara, dan menjaga tanaman di Kawasan tersebut. KBRI Kuwait City, WNI di Kuwait, dan UN Habitat bekerja sama dengan melakukan upaya-upaya tersebut.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kemitraan, berbagi pengetahuan, dan mempromosikan praktik berkelanjutan antara Indonesia dan Kuwait,” pungkasnya. Dy

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA