Search

Raja Saudi angkat Putra Mahkota Mohammed bin Salman sebagai Perdana Menteri

Majalahaula.id – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz mengangkat putranya Mohammed bin Salman sebagai perdana menteri kerajaan dan adiknya Pangeran Khalid sebagai menteri pertahanan, Selasa (27/9/2022). Pengankatan Putera Mahkota sebagai Perdana Menteri sesuai dekret kerajaan Saudi.

Putra lainnya Pangeran Abdulaziz bin Salman juga diangkat sebagai menteri energi, tulis dekret tersebut yang disiarkan kantor berita pemerintah Saudi Press Agency (SPA).

Menurut dekret, Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, Menteri Keuangan Mohammed al-Jadaan dan Menteri Investasi Khalid al-Falih masih menduduki posisinya.
Mohammed Bin Salma sebenarnya telah menjadi penguasa de facto kerajaan selama beberapa tahun. Ia sebelumnya menjabat sebagai wakil perdana menteri di bawah Raja Salman. Putera Mahkota Saudi itu juga menjabat sebagai menteri pertahanan.

Baca Juga:  Hadiah 1 Abad NU, PCNU Pasuruan Target Luncurkan RSNU

Mohammed Bin Salman kini berusia 37 tahun. Ia berada di urutan pertama untuk menggantikan ayahnya sebagai raja sejak 2017 lalu.Ia juga telah menjabat sebagai menteri pertahanan sejak tahun 2015.

Selama menjabat, Mohammed melakukan sejumlah perubahan fundamental di Saudi. Ia mengizinkan beragam aktivitas yang sebelumnya dilarang, seperti kaum wanita boleh mengemudi mobil. Mohammed juga sedang membangun berbagai proyek besar di bidang pariwisata. Menurut Kantor Berita AFP,Mohammed akan mengizinkan penjualan dan konsumsi minuman beralkohol wine, koktail, hingga sampanye di sebuah resor di Kota Neom.(MG2/Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA