Search

Menag Minta Pesantren Tidak Gadaikan Independensi

Majalahaula.id – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan program Kemandirian Pesantren yang menjadi salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama tidak hanya bertujuan membangun ekonomi dan bisnis pesantren, melainkan juga mempertahankan ideologi serta independensi pesantren.

Hal ini disampaikan Gus Men, panggilan akrabnya, dalam Sarasehan Peningkatan Kemandirian Pesantren di Pondok Pesantren Darul Ulum, Peterongan, Jombang Jawa Timur.

“Ada banyak pesantren yang mengalami ‘kepayahan’ dalam memenuhi kebutuhan operasional sehingga tidak sedikit pesentren yang kemudian menggadaikan otoritasnya untuk mempertahankan operasional pesantren,” kata Gus Men di Jombang, Jumat (22/9/2023).

“Yang paling pendek itu ya di urusan politik dengan menggadaikan ideologi dan independensi pesantrennya hanya untuk sekadar mempertahankan operasional pesantren. Kita boleh menyangkal itu namun ada fakta pesantren seperti itu. Ini yang kemudian membuat saya dan kawan-kawan di Kemenag tergerak untuk melakukan sesuatu,” sambung Gus Men.

Baca Juga:  Majelis Masyayikh Sosialisasikan UU Pesantren

Sarasehan yang dihadiri pimpinan dan pengasuh pondok pesantren zona Jawa Timur ini diinisiasi Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama.

Tampak hadir mendampingi Gus Men, Kakanwil Kemenag Jatim Husnul Mahram, Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Akh. Muzakki, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menag, serta Plt Direktur KSKK sekaligus Kabag TU Pimpinan Sidik Sisdiyanto.

Hadir juga membersemai dengan para pengasuh pondok pesantren se Jawa Timur, Katib Aam PBNU KH Said Asrori.

Gus Men pun berharap dalam sarasehan ini para pimpinan dan pengasuh pondok pesantren dapat bersinergi dengan tim percepatan program Kemandirian Pesantren Kementerian Agama.

“Saya berharap sarasehan ini menjawab kegelisahan itu. Masa khidmat saya ada satu tahun anggaran lagi semoga bisa membuat pesantren berdaya. Kehadiran saya di sini untuk mendengarkan secara langsung apa yang diinginkan dari pesantren,” kata Gus Men.

Baca Juga:  Berkat Mbah Ali, Pesantren Krapyak Maju Pesat

“Sehingga satu tahun anggaran ke depan bisa kita manfaatkan sepenuhnya untuk kebutuhan pesantren apakah terkait teknologi informasi, program pengembangan bisnis pesantren, hingga pelatihan-pelatihan digitalisasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pesantren,” lanjut Gus Mem.

Untuk itu, tambah Gus Men, kepada para kyai dan gus pengasuh pesantren yang hadir dalam sarasehan untuk dapat memberi masukan agar kemudian dapat diterjemahkan oleh tim Kemenag menjadi program.

Tim percepatan program Kemandirian Pesantren Kemenag terdiri dari Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri Agama. Mereka yakni Abdul Rochman, Nuruzzaman, Wibowo Prasetyo, Hasanuddin Ali, dan Dianta.

Tim percepatan ini, kata Gus Men, akan mengawal masukan-masukan dari pengasuh pesantren yang kemudian dijadikan program.

Baca Juga:  Dispendukcapil Sidoarjo Lagi NGETREN E-KTP

Gus Men menyatakan yang paling konkrit dari program ini adalah bisa dimanfaatkan oleh pesantren. Sehingga pesantren tidak lagi menggadaikan ideologinya dan independensi hanya untuk sekedar biaya operasional secara berkelanjutan.

“Saya tegaskan tidak ada tendensi politik dalam program Kemandirian Pesantren ini meskipun terus bergulir di tahun terakhir kepemimpinan saya sebagai Menteri Agama. Tahun ini kita sudah siapkan program digitalisasi untuk pesantren. Tujuan lainnya dari pertemuan ini adalah memperluas jejaring antar pesantren,” tandas Gus Men.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA