Search

Rakernas IPI 2023, Kiai Ma’ruf Amin Minta Pesantren Jaga Keamanan Santri

Majalahaula.id – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengatakan Undang-undang No.18 Tahun 2019 tentang Pesantren menyebutkan bahwa pesantren memiliki fungsi yang meliputi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat.

Bahkan, sebagai lembaga pendidikan yang akan mencetak generasi penerus bangsa, pesantren dituntut untuk memberikan pendidikan berkarakter sehingga menjadi pusat peradaban Islam.

Namun, sangat disayangkan, di beberapa pesantren, masih terjadi hal-hal yang menyimpang yang dilakukan oknum kiai kepada santri. Untuk itu, Wapres menegaskan pesantren perlu melakukan pengawasan yang ketat untuk menjaga keamanan santri.

“Yang tidak kalah penting saya minta semua pesantren di seluruh Tanah Air untuk selalu menjaga keamanan para santri, anak-anak kita yang akan menjadi generasi penerus bangsa,” kata Wapres Ma’ruf Amin dalam keterangannya, Jumat (11/6/2023).

Baca Juga:  PP Miftahul Midad Lumajang, Bantu Biaya Santri Terdampak Erupsi Semeru

Dengan adanya ulah para oknum kiai tersebut, menurut Wapres, dapat merusak citra baik pesantren yang seharusnya selalu menanamkan akhlak mulia kepada santri.

“Ini hati-hati ada banyak sekarang pesantren yang mencoreng nama pesantren, adanya kekerasan seksual di beberapa pesantren,” kata Wapres mengingatkan.

“Jadi ada beberapa pesantren yang kemudian kiai-kiainya, bukan kiai itu sebenarnya, pura-pura jadi kiai itu, mosok kiai begitu. Ini yang harus kita jaga,” ujar Wapres menunjukkan kekecewaannya.

Sebagai wadah yang menaungi pesantren-pesantren di Indonesia, Wapres pun meminta IPI untuk berperan mengawasi penyimpangan-penyimpangan tersebut.

“Oleh karena itu saya minta IPI mengawasi ini, jangan sampai kita ini, apa namanya karena setitik noda kemudian pesantren dianggap tidak aman ya. Ini penting,” pinta Wapres seraya memberikan analogi.

Baca Juga:  PTM Dimulai, Kegiatan Ekstra Wajib Pramuka MI Alkarimi Gresik Digelar

Wapres berharap, dengan adanya pengawasan yang ketat, tidak ada lagi penyimpangan di pesantren.

“Mudah-mudahan dunia pesantren tidak dirusak oleh adanya oknum-oknum yang ingin menghancurkan Pesantren,” harap Wapres.

Dalam kesempatan ini, Wapres Ma’ruf Amin meresmikan pembukaan Rakernas Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Tahun 2023. Ia berharap kegiatan ini turut berkontribusi memajukan kesejahteraan Indonesia.

“Akhirnya, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Rakernas Ikatan Pesantren Indonesia Tahun 2023 saya nyatakan dibuka secara resmi. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridhoi setiap upaya yang kita lakukan dalam rangka mewujudkan bangsa dan Negara Indonesia yang maju dan sejahtera,” lanjut Wapres.

Sebelumnya, Ketua Umum IPI Abdul Muhaimin melaporkan, sebagai induk organisasi pesantren, IPI memiliki jaringan yang meliputi 33 dewan wilayah, dan sekitar 400 dewan cabang dengan visi mengokohkan agama, meneguhkan bangsa, serta misi Mandiri, Berdaya, dan Inovatif (MADAIN).

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA