Search

Peran Pesantren Diharapkan Jadi Tonggak Pendidikan Agama

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW)

Majalahaula.id – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menegaskan peran pondok pesantren (ponpes) harus dikokohkan sebagai tonggak pendidikan agama di Indonesia. Hal itu untuk meningkatkan bonus demografi dengan meningkatkan kualitas generasi muda demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Menurut Hidayat, ini menjadi hal yang sangat penting untuk disadari dan diperhatikan. Apalagi, saat ini kondisi pergaulan anak muda semakin mengkhawatirkan dan menantang. Dimana masyarakat banyak mendengar dan menyaksikan berbagai fenomena serta peristiwa negatif destruktif amoral yang melibatkan anak muda generasi milenial bahkan generasi Z.

Fenomena ini disayangkan, mengingat anak muda sebagai bonus demografi sudah melakukan banyak kegiatan negatif. Mulai dari anak-anak usia SD sudah melakukan pembulian, hingga kejahatan seksual dan narkoba yang melibatkan anak-anak di usia”Menjadi sangat wajar untuk dimaklumi, bila banyak orang tua siswa berharap besar kepada pesantren untuk meningkatkan kualitas akhlak dan kepribadian putra putri mereka. Dimana sebagai salah satu elemen generasi milenial, generasi Z, generasi Alpha, diharapkan bisa menjadi bonus demografi yang positif,” kata Hidayat dalam keterangannya, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga:  Pemprov Jawa Tengah Tidak Berpihak kepada Pendidikan Keagamaan

Hal ini disampaikan saat dirinya menerima kunjungan Pengurus Badan Kerjasama Pondok Pesantren Indonesia (BKSPPI) Wilayah Riau, di Jakarta, Rabu (5/7).

“Sekalipun memang tidak bisa dipungkiri, ada juga pesantren yang memiliki masalahnya sendiri. Contohnya, ada ponpes yang dicabut izinnya karena ada kasus kejahatan seksual yang dilakukan oleh pimpinan ponpes sendiri. Saat ini juga yang sedang viral menjadi pembahasan publik Ponpes Al-Zaytun. Kasus-kasus itu harus jadi faktor muhasabah dan koreksi internal di kalangan pesantren. Tidak boleh digeneralisir, sehingga alhamdulillah kepercayaan masyarakat yang besar terhadap Pesantren tetap besar,” sambungnya.

Hidayat melanjutkan pesantren tetap layak dipercaya karena terbukti dalam konteks sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, pesantren memiliki peran yang sangat luar biasa dan melahirkan tokoh-tokoh bangsa yang menjadi pahlawan nasional, seperti KH. Hasyim Asy’ari, KH, Ahmad Dahlan, KH. Mas Manyur.

Baca Juga:  PBNU Libatkan 30 Pesantren untuk HVC

Dia melanjutkan para pahlawan tersebut bersama para pejuang lainnya, berjuang mempersiapkan, merebut dan menyelamatkan Indonesia. Bahkan KH Hasyim Asy’ari (NU) mengeluarkan resolusi jihad, dan Ki Bagus Hadikusumo (Muhammadiyah) mengobarkan semangat jihad.

Kemudian, dengan resolusi dan amanat itu,dibentuk Laskar Santri, Laskar Kiyai, Laskar Hizbullah, Laskar Sabilillah. Seluruh santri dan para ulama pun bersemangat melawan penjajah dan menyelamatkan kemerdekaan Indonesia.

“Melihat fakta itulah, saya rasa menjadi sangat penting dunia pesantren Indonesia untuk berada di garda terdepan. Tampil menjernihkan memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat luas seputar pondok pesantren sebagai lanjutan kontribusi yang menghadirkan kembali generasi pejuang. Nantinya, bisa akan selamatkan bonus demografi untuk kembali mempertahankan dan memperjuangkan realisasi cita-cita proklamasi dan reformasi,” papar Hidayat.

Baca Juga:  Cerita Gus Afif Jombang Buka Asrama Tahfidz Sebab Amanah Mertua

“Saya mengajak pesantren dan organisasi yang menghimpun pesantren, para kiai dan santri untuk makin aktif dan tidak ragu memainkan perannya seperti perannya para santri dan ulama pejuang terdahulu. Apalagi, di era reformasi ini alhamdulillah, telah ada UU tentang Pesantren, sehingga pesantren sekarang posisinya legal formal, setara dengan sekolah umum yang lain,” imbuhnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA