Search

Meriah! Gebyar Muharram Pawai Obor KKN UIN Walisongo Posko 141

Peringati Tahun Baru Hijriyyah 1445 KKN UIN Walisongo Posko 141 Adakan Pawai Obor

Majalahaula.id, Demak – Dalam menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah peserta KKN Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang posko 141 menggelar Gebyar Muharram. Acara dimeriahkan pawai obor bersama anak-anak Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) dan diiringi warga Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Diawali doa buka tutup tahun bersama warga di Masjid Faidhur Rohman sebagai tradisi warga setempat dalam menyambut Tahun baru Hijriyyah Selasa, (18/7/2023). Briefing dilakukan setelah isya’di Masjid Faidhur Rahman oleh seluruh panitia acara guna meberikan penjelasan mengenai tanggung jawab dan tugas masing-masing. ”Tugas masing-masing adalah menjaga adik-adiknya agar tetap aman dalam membawa obor. Silahkan bagikan kepada anak-anak yang dapat dipercaya untuk membawa obor, dan yang lainnya membagikan kembang m,anggar kepada anak-anak yang masih kecil,” terang Eko sebagai Koordinator Desa.

Baca Juga:  Libatkan Banyak Kalangan, PBNU Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Surabaya

Sebelum acara pawai obor dilaksanakan Kepala Desa Kebonbatur, M. A. Fathoni) memberikan arahan kepada peserta pawai obor agar tetap berhati-hati selama pawai obor dilangsungkan. ”Selama pawai obor berlangsung diharapkan agar tetap tertib dan berhati hati. Untuk kakak panitia selalu menjaga adik-adiknya selama pawai obor berlangsung agar tetap kondusif,” ujar Fathoni.

Rute perjalanan pawai obor dimulai dari Masjid Faidhur Rahman didahului mobil komando yang diiringi oleh peserta pawai obor, panitia acara, dan warga setempat. Para peserta pawai terus menyenandungkan shalawat dengan berjalan kaki bersama-sama.

Lapangan Desa Kebonbatur menjadi rute akhir dalam perjalanan pawai obor. Panitia acara Gebyar Muharram memberi arahan kepada peserta pawai obor untuk melingkar. Kemudian mereka kembang api dan pembagian minuman untuk waktu istirahat karena telah berjalan yang jaraknya lumayan panjang.

Baca Juga:  Fatayat NU Padang Pariaman Bekali Kader Pengawasan Pemilu

Pawai obor yang merupakan acara pertama kali digelar di Desa Kebonbatur dalam menyambut Tahun Baru Hijriyah disambut antusias maka seluruh peserta. Menurut mereka ini adalah momen baru dalam menyambut Tahun Baru Hijriyah. Dengan digelarnya pawai obor ini diharapkan anak-anak dan warga mendapatkan kesan baik yang tidak terlupakan dari Mahasiswa KKN UIN Walisongo posko 141 sebagai panitia acara pelaksana Gebyar Muharram 1445 Hijriyyah.(Adv)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA