Search

5 Tempat Wisata Alam Gratis di Kota Batu

Majalahaula.id – Batu, kota berhawa sejuk yang bertetangga dengan Malang dan Kediri dikenal sebagai gudangnya objek wisata. Kota yang dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Malang dan lalu berstatus kota administratif itu kini sudah menjadi kota otonom.

Sejak berdiri sendiri, Batu telah berbenah mengembangkan potensi wisatanya. Hasilnya, sebagian besar wisata populer dan kekinian yang ada di Malang Raya saat ini merupakan ‘produk’ kota Batu. Apa saja objek wisata alam yang dimiliki Batu? Berikut rekomendasinya.

1. Taman Hutan Bondas

Urutan pertama, tempat wisata alam gratis di Kota Batu yakni Taman Hutan Bondas. Lokasinya di tengah kota, namun dikelilingi oleh pepohonan yang menambah sejuk suasana.
Biasanya, taman hutan bondas di Batu Malang ini kerap jadi sasaran bagi mereka yang hendak mencari track jogging tenang.
Lokasi: Jalan Sultan Agung, Sisir, Kecamatan Batu, Jawa Timur.

Baca Juga:  Lihat Lebih Dekat Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK)

2. Puncak Brakseng

Tempat wisata Puncak Brakseng di Kota Batu juga tak perlu merogoh kocek demi membayar tiket masuk. Ya, siapapun gratis mengunjungi lokasi dengan pemandangan indah khas pegunungan ini.
Udara di puncak Brakseng sangat sejuk, karena berada di ketinggian 1.700 mdpl dan dikelilingi area lembah dan pegunungan hijau.
Lokasi: Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

3. Desa Oro Oro Ombo

Selama perjalanan menuju Museum Angkut, Anda biasanya akan dibawa melewati jalur lintas barat yang berlokasi di Desa Oro Oro Ombo. Kalau sudah begitu, jangan dibiarkan begitu saja, ada baiknya turun sejenak dari kendaraan dan rasakan keindahan alam sekitar.
Banyak wisatawan yang menyempatkan diri berswafoto ditemani panorama cantiknya Gunung Arjuna. Tenang saja, tempat wisata alam Batu satu ini gratis tanpa dipungut biaya.
Lokasi: Jalur Lintas Barat, Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Batu.

Baca Juga:  CANDI BOROBUDUR Jam Buka, HTM, dan Aturan 2022

4. Jalan Desa Sumber Brantas

Wista alam menakjubkan bisa Anda peroleh gratis ketika melintasi Desa Sumber Brantas. Tempat ini memanjakan mata dengan hamparan perbukitan dan area hijau berupa perkebunan.
Tak ada salahnya Anda mengeluarkan kamera dan mengambil foto estetik berlatar pemandangan alam.
Di saat-saat tertentu, tempat ini menjadi lebih terkesan romantis lantaran kabut yang menyelimuti usai hujan turun. Lokasi: Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

5. Taman Hutan Kenanga

Taman seluas satu hektare ini juga merupakan tempat wisata alam di Batu Malang yang gratis. Aneka tanaman menghiasi taman sehingga bikin pengunjung semakin betah.
Taman Hutan Kenanga juga menyediakan jogging track, permainan anak, dan beberapa sudut menjadi tempat pertanian umbi-umbian.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA