Search

PPIH Pantau Bus Jamaah Haji ke Madinah Gunakan GPS

Majalahaula.idJamaah haji Indonesia gelombang kedua akan didorong dari Makkah ke Madinah mulai Senin (10/7/2023). Mereka akan diberangkatkan menggunakan armada bus yang sudah disiapkan oleh syarikah atau perusahaan yang telah ditunjuk oleh pemerintah Arab Saudi.

Selama perjalanan dari Makkah ke Madinah, bus-bus yang membawa jamaah akan dipantau langsung oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menggunakan Sistem Pemosisi Global atau GPS.

“Sebagaimana arahan Pak Menteri kita akan mentracking mobil bus yang ada dari Makkah. Jadi kita sudah koordinasi dengan naqobah dan perusahaan-perusahaan atau syarikah bus yang ada 11 perusahaan tersebut. Kita minta GPS dan user id-nya. Sehingga posisi bus dari Makkah kita bisa mengetahuinya,” kata Zaenal Muttaqin, Kepala Daerah Kerja Madinah, Sabtu (8/7/2023) di Madinah.

Baca Juga:  Belasan Orang di Sleman Serang SPBU dan Aniaya Petugas

Untuk memastikan pemantuanan bus-bus yang membawa jamaah haji Indonesia ini, sambung Zaenal, pihaknya telah menyiapkan alat-alat yang diperlukan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengoperasionalkannya.

Zainal juga mengaku sudah berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan hotel di Madinah yang akan menerima kedatangan jamaah gelombang II dari Makkah ke Madinah. Harapannya, mereka sudah siap menerima kedatangan jamaah Indonesia secara maksimal.

Selain itu terkait dengan konsumsi jamaah, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan 21 perusahaan yang akan memberikan layanan katering untuk jamaah haji Indonesia.

“Tadi pagi kita sudah koordinasi dengan 21 perusahaan katering. Kita sampaikan apresiasi dari pimpinan berkaitan dengan komitmen dan layanan yang baik. Dan alhamdulillah mereka juga sangat antusias dan bersemangat terhadap pelayanan gelombang yang pertama dan siap untuk  pelayanan gelombang kedua,” ujar Zaenal.

Baca Juga:  Menteri Agama RI Pastikan Fasilitas Haji Aman

Zaenal menegaskan, seluruh komponen terkait dengan proses persiapan layanan gelombang kedua sudah siap. Harapannya, seperti juga harapan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU), Hilman Latief, semuanya bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kendala apapun.

Sebagai informasi, jumlah jamaah gelombang kedua yang akan diberangkatkan dari Makkah ke Madinah sekitar 109 atau 108 ribu jamaah.

Selama di Madinah, jamaah haji gelombang kedua akan melaksanakan salat Arba’in dan ziarah ke tempat-tempat bersejarah lainnya.

“Mereka ziarah di sekitar kota Madinah, baik ke Masjid Quba, Qiblatain, ziarah ke Makam Nabi Muhammad dan tempat-tempat lainnya, di samping juga salat 40 waktu di Masjid Nabawi,” pungkas Zaenal.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA