Search

Menteri Agama RI Pastikan Fasilitas Haji Aman

Menteri Agama RI, H Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (20/05/2022). Dalam pertemuan tersebut, Gus Yaqut mengatakan, kehadirannya di Jeddah atas arahan dari Presiden Joko Widodo untuk memastikan kesiapan dan kualitas layanan yang diberikan kepada jemaah haji Indonesia.

“Pemerintah Indonesia akan mengikuti peraturan Pemerintah Arab Saudi, termasuk terkait protokol kesehatan. Kami yakin semua itu diterapkan demi memberikan kenyamanan, termasuk bagi jamaah haji Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/05/2022).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Tawfiq mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan layanan kepada seluruh jamaah haji, termasuk Indonesia. Dengan kuota mencapai 100.051 orang, kata dia, Indonesia adalah negara yang memberangkatkan jamaah haji paling banyak di dunia.

Baca Juga:  Kabar Duka, Jamaah Haji Asal Demak Meninggal Dunia

“Indonesia mendapat tempat istimewa di warga dan Pemerintah Arab Saudi,” ujar dia.

Sebelum bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Gus Yaqut memeriksa kualitas layanan yang akan diberikan kepada jamaah haji Indonesia selama berada di Makkah. Layanan itu mencakup akomodasi, katering, dan transportasi. Selain itu, Gus Yaqut dijadwalkan ke Madinah untuk meninjau kesiapan dan kualitas layanan akomodasi, katering, dan transportasi bagi jamaah haji Indonesia.

Sementara, Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Saiful Mujan mengatakan, pihaknya sudah menutup tahap pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) 1443 H/2022 M pada Jumat (20/05/2022). Ia mengatakan, saat ini, 89.715 calon jamaah sudah melakukan pelunasan biaya dan konfirmasi keberangkatan haji.

Baca Juga:  Jamaah Haji RI Mulai Dipulangkan 15 Juli, Ini Daftar Kloter Pertama

“Sampai ditutup sore ini, 89.715 jamaah telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan. Artinya, sudah 97,26 persen dari kuota jamaah haji reguler yang berjumlah 92.246,” kata Saiful dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/05/2022).

Mujab mengatakan, proses pelunasan dan konfirmasi keberangkatan bagi jamaah haji 1443 H/2022 M dibuka selama dua pekan yaitu, 9 Mei sampai 20 Mei 2022. Pihaknya juga memberikan kesempatan bagi jamaah untuk melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan dengan status cadangan.

(Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA